5 Hal Yang Bisa Dilakukan di Khao San Road

Setiap kota wisata pasti punya kawasan utama yang menjadi jujugan para turis. Kalau Kuta punya Legian. Di Bangkok ada sebuah area yang disebut Khao san Road.

Khao San menjadi nama jalan sekaligus lebih dikenal sebagai area backpacker. Khao San Road lengkap memanjakan wisatawan dengan biaya rendah. Ada 5 hal yang bisa dilakukan di Khaosan Road antara lain :

Tempat Untuk Tinggal

Seperti yang tadi saya sebutkan. Ini kawasan yang lebih tepat untuk backpacker atau mereka, kalangan menengah ke
bawah. ;P Banyak hostel bertarif rendah di area ini. Letaknya tidak selalu di pinggir jalan. Karena jalan utama memang menjadi pusat keramaian dan dagang, apalagi saat malam hari.

Beberapa hostel terletak di gang-gang kecil. Pintu masuknya dihimpit dengan kafe serta toko aksesoris.
Ketika lewat, saya bahkan nggak bisa melihat dengan jelas lobi hotelnya. Hmmm… bisa jadi hostel murahan.

Tapi jangan takut, di sekitaran jalan utama (yang masih disebut Khaosan Road). Saya mendapati beberapa hostel
mewah yang punya interior bagus di bagian luarnya.

Kebetulan teman satu bis sejak dari Siem reap menginap di hostel yang ada di area Khaosan.

Saya merekomendasikan untuk cek lebih jauh tentang hostel yang ingin ditinggali jika ingin menginap di kawasan ini. Caranya gampang, buka saja www.hostelworld.com dan Anda bisa mendapatkan informasi lebih banyak tentang pilihan hostel menarik di Bangkok.

Cek ricek terlebih dahulu lokasi serta fasilitas yang ditawarkan hostel. Melalui website tersebut data lengkap serta review hostel bisa menjadi referensi.

Tinggal di kawasan Khao San Road merupakan pilihan yang tepat karena jarak menuju tempat wisata lebih dekat dan mudah diakses hanya dengan berjalan kaki. Mau makan  sampai cari tempat hang out pas malam hari, sudah tepat banget jika tinggal beberapa hari di sini.

Cara ke khao san roadCari Makan

Tempat yang pas untuk makan dan berburu street food. Di Khaosan Road, saya gampang menemukan pedagang pad thai, buah segar, coconut ice cream.

Jika tidak mau makan besar tinggal beli beberapa cemilan yang Anda lewati. Saya jamin, hanya dengan tiga sampai empat jenis makanan ringan, perut sudah terasa kenyang.

Banyak makanan lokal yang enak dan murah di pinggir jalan. Tapi untuk yang cari aman, beberapa restoran fast food juga ada di sana seperti Mc Donald atau Burger King.

Khaosan Road jalannya memang tidak terlalu panjang, tapi cukup lebar untuk jual beli dan sangat ramai saat malam hari. Mau nyobain makanan tidak biasa? kalajengking dan serangga goreng ditawarkan di tengah jalan oleh beberapa pedagang.

Yang suka suasana lebih tenang dan makan lebih nyaman, bisa datang ke gang sebelah, Rambuttri Road. Ada sebuah gang kecil yang menghubungkan Rambuttri dan Khaosan Road. Di sana terdapat banyak restoran dengan suasana lebih nyaman serta area luas. Makanan yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari menu lokal seperti variasi tom yam hingga makanan ala barat.

Shop Until Drop

Nggak cuma makanan. Khao San Road jadi lokasi yang pas untuk berbelanja bagi para backpacker. Kebanyakan membuka tempat jualan berupa lapak kecil non permanen yang bisa dibongkar pasang. Baju menjadi barang utama yang diperjualbelikan selain aksesoris, pernak pernik, dan aksesoris. Tempat ini memang tidak selengkap di Chatuchak Market. Tapi barang yang dijual sudah mencukupi kebutuhan wisatawan yang ingin cari kebutuhan sehari-hari.

Bangkok, notabene menekankan kesopanan berpakaian terutama bagi turis. Namun di kawasan backpacker ini, apalagi saat malam hari, cukup banyak wisatawan asing atau orang lokal yang berpakaian terbuka karena tidak tahan dengan udara panas Bangkok.

Begitu juga dengan baju-baju yang dijual, umunya berbahan tipis dengan potongan minim. Harganya berkisar 150-250 bath. Tawar sampai dengan 50% jika ingin membeli suatu barang. Teman bule yang satu kamar dengan saya, ketika hari pertama datang ke Bangkok langsung berbelanja dan memborong beberapa pakaian di Khaosan Road.
Selain baju, yang menarik di Khaosan Road yaitu penjual tas handmade kulit kualitas rendah.

Ada juga lapak-lapak yang menjual barang sandang harian seperti pakaian dalam, sandal, hingga sepatu. Harganya tidak terlalu mahal, cukup lumayan untuk gonta ganti atau sekedar bergaya. Nggak sedikit wisatawan bule yang mampir ke toko kecil cuma untuk membeli pakaian dalam atau alas kaki tanpa merk.

Untuk hal remeh temeh, biasanya yang ramai kios aksesoris yang menjual gelang tali atau kalung. Bentuknya lucu-lucu dan unik. Saya sempetin beli beberapa gelang yang harganya hanya $20 sebagai koleksi.

Night Life

Ini tempatnya untuk pesta dan senang-senang. Ada banyak klub buka pada malam hari yang memang diperuntukkan bagi wisatawan yang gemar kehidupan malam. Tempat dugem  memutar musik dalam volume kencang dan saling bersahut antar satu klub dengan yang lain. Para waiternya pun sampai turun ke jalan mengundang beberapa pengunjung Khao

San Road untuk singgah ke klub mereka. Promosinya gampang. Biasanya para lelaki berbaju ketat atau gadis-gadis dengan rok mini mondar mandir di jalan dengan membawa kertas berisi promosi minuman bir yang dijual di sana.

Tato dan Pijat

Gampang banget nemu outlet tato dan tempat pijat di Khao San Road. Para backpacker, terutama yang gemar seni tato bisa dengan mudah menghias kulit mereka. Tapi kalau nggak mau yang beresiko. Ada juga jasa menggambar henna yang buka saat malam hari saja. Tato temporer ini cukup murah kok dan desain gambarnya sangat bergaya Thailand.

Mereka cuma menggelar meja kecil dan kursi lalu ada lampu sangat terang untuk menarik perhatian pejalan kaki. Bagi yang tertarik, ya tinggal pasang henna tato on the spot di pinggir jalan. Semacam jadi hiburan tersendiri, karena saya juga bisa melihat langsung cara menggambar di kulit dengan henna.

Bangkok tidak lepas dari jasa pijat memijat. Jangan tanya deh ada berapa tempat untuk Thai massage. Banyak sekali dan mudah ditemukan. Beberapa tempat memang mempersilahkan masuk ke dalam ruangan tertentu, tapi ada juga yang tinggal duduk semi tidur di pinggir jalan. Pijat sambil bisa melihat lalu lalang jalan. Harganya juga murah, sekitar 100-120 bath untuk durasi 30 menit. Jadi, kalau sudah capek jalan-jalan, mending mampir ke tukang pijat dulu.

Incoming search terms:

  • ada apa di khaosan road bangkok
  • ke bangkok wajib ke khaosan road

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *