Wisata Museum, Jadi Kegiatan Asyik Mengisi Waktu Luang

Semakin terlupakan. Itulah kenyataannya. Museum dianggap hanya menyimpan barang-barang sejarah masa lalu. Coba saja lihat, ketika pengunjung pusat perbelanjaan lebih banyak dari museum. Karena katanya, untuk sebagian orang pusat belanja menjadi tempat favorit melepas kepenatan. Bahkan seorang teman pernah mengatakan bahwa anaknya tak bisa menghabiskan akhir pekan, tanpa menyambangi tempat belanja modern yaitu mall.

Wisata Museum, Menjemput Pengetahuan dan Mengingat Sejarah

Jas merah, jangan sekali-sekali meninggalkan sejarah. Begitu yang terucap dari mulut Bung Karno saat pidato terakhirnya pada 17 Agustus 1966, memperingati Hari Kemerdekaan republic Indonesia. Menjadi bangsa yang beradab, diawali dengan mengetahui jejak sejarah bangsanya. Tak bisa kita menatap masa depan, tanpa meninggalkan masa lalu. Dan museum menjadi tempat pengepul serpihan masa lalu yang tercecer. Dipajang dan dipertontonkan untuk menginformasikan apa-apa yang terjadi bertahun bahkan berabad silam. Kunjungan ke Museum Gajah memberi pemahaman dan bukti nyata. Bahwa dulu, di bumi Sumatera yang sekarang mayoritas memeluk agama Islam. Berabad lalu sempat berjaya sebuah kerajaan besar penganut Budha bernama Sriwijaya. Informasi ini tak hanya bisa dibaca dari buku sejarah. Tapi secara pasti bisa dibuktikan. Sebuah patung raksasa Bhairawa bahkan ditemukan di Minangkabau.

Mengunjungi Sangiran di pinggiran Kota Solo. Pelancong diajak menengok nenek moyang mereka, manusia purba dan jenis-jenisnya. Bahkan di sana dipajang balung buta, bukti adanya manusia dengan badan lebih besar, dari postur manusia yang ada sekarang ini.

Referensi Bacaan dan Pelajaran Yang Ada di Sekolah

Sering kali sekolah modern terlalu fokus pada nilai akademik. Padahal pembelajaran bisa dilakukan cara yang lebih menyenangkan. Melakukan wisata museum menjadi salah satu cara memberikan gambaran visual tentang apa yang dipelajari di sekolah. Museum Zoologi, di Kebun Raya Bogor memperlihatkan tentang berbagai macam hewan yang sudah diawetkan. Hewan-hewan yang telah mati, kini menjadi sumber pengetahuan, khususnya tentang biologi dan zoologi.

Pengunjung bisa mengetahui macam-macam kupu-kupu. Membedakan bentuk serangga tersebut yang berkeliaran di siang hari, dan kupu-kupu yang beraktivitas malam hari. Disana, dipajang pula kerangka badak Sumatera yang sudah mati kemudian diawetkan. Pengunjung bisa mempelajari dan mengamati, berbagai macam burung yang hidup di Indonesia. Dan jangan terkejut, ada sebuah rangka raksasa yaitu tulang Paus Biru yang dipajang di teras belakang Museum Zoologi Kebun Raya Bogor.

Wisata Museum, Tempat Rekreasi Murah Meriah Penuh Manfaat

Tentu saja murah. Tiket masuk museum rata-rata tak lebih dari Rp 10.000,-. Namun, yang didapatkan pengunjung jelas lebih banyak dari nilai tiket masuk tersebut. Wisata museum seperti menjemput pengetahuan yang tak bisa dinilai. Masuk Museum Wayang saja hanya Rp 5.000,- dan pengunjung mendapatkan informasi tentang koleksi wayang yang ada di Indonesia sekaligus jenis-jenis boneka dan wayang dari Tiongkok, Myanmar, Malaysia, dan beberapa negara lainnya. Ada pula museum gratis dengan fasilitas nyaman, yaitu Museum Bank Indonesia. Tempat yang bersih dan dilengkapi pendingin ruangan, Bank Indonesia memberi informasi mengenai perkembangan perbankan di Indonesia.

Wisata Museum, Wisata Keluarga di Museum

Seringkali kita kesulitan mencari tempat untuk wisata keluarga yang nyaman, aman, dengan biaya minim. Orang sering lupa bahwa wisata itu tak selalu mahal. Wisata museum menjadi salah satu cara  menghabiskan liburan bersama keluarga. Mengajak anak-anak untuk mengenal sejarah, memperkenalkan pengetahuan, dan mempererat hubungan keluarga karena sudah berkegiatan mencari pengalaman baru bersama.

Bagi kaum muda, museum dapat menumbuhkan rasa nasionalisme, kebanggan, serta meningkatkan kecintaan pada negeri Indonesia. Dengan biaya murah, kaum muda sudah bisa melakukan wisata murah, salah satunya pergi ke museum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *