Tips & Panduan Wisata Ke Penang Bagi Pemula

Penang menjadi tujuan wisata Malaysia yang eksotik. Pearl Of Orient ini memberi godaan besar pada Anda yang suka makan. Memberi ruang untuk narsis dan bersenang-senang dengan mural. Sekaligus menjanjikan obyek wisata pantai dan keindahan kota yang bisa dilihat dari ketinggian.

Sebagai kota yang masuk dalam daftar UNESCO World Cultural Heritage Site pada 2008, Penang mampu menggabungkan tiga keindahan Malaysia. Warisan budaya, makanan, seni, serta keakraban penduduk lokal yang mampu membuat wisatawan diterima dengan baik meski baru berkunjung untuk pertama kalinya.

Dalam artikel ini, saya ingin memberi panduan wisata ke Penang terutama bagi Anda yang pertama kali ke Penang. Atau bagi yang sudah pernah ke sana, bisa mendapatkan ide baru untuk menjelajahi lokasi wisata Penang yang mungkin belum sempat Anda kunjungi.

Rencanakan Wisata Hemat Dengan Tiket Pesawat Murah Ke Penang

Kalau jalan-jalan, sudah pasti mencari tiket pesawat murah, untuk pergi ke Pulau Pinang, ada beberapa maskapai yang bisa Anda gunakan. Penerbangan langsung bisa memilih AirAsia atau Citilink (1,2 juta/tiket sekali berangkat). Sedangkan jika ingin yang harganya lebih terjangkau bisa menggunakan Malindo Air (harga berkisar 650 ribu – 850 ribu rupiah per tiket sekali berangkat), tetapi perlu transit terlebih dahulu ke KLIA 2.

Pengalaman saya ke Penang menggunakan Malindo Air dan waktu transit hanya satu jam. Bila ingin mendapatkan pesawat kelas ekonomi dengan fasilitas yang lebih baik, Scoot dan JetStar juga bisa menjadi pilihan. Waktu itu saya menggunakan Lion Air dan disambung dengan Malindo Air. Dari segi fasilitas untuk Lion Air kurang begitu nyaman dengan penerbangan Jakarta-KUL, tetapi untuk Malindo Air lumayan menyenangkan karena ada snack & personal TV di setiap kursi, sehingga saya bisa mengisi waktu sambil nonton film.

Transportasi Di Penang

Sudah sampai di airport dan ingin segera menuju pusat kota George Town ? Ada beberapa pilihan transportasi di Penang (lebih lengkap klik ya)

Naik bus Rapid Penang menjadi solusi bagi wisatawan yang ingin menghemat budget traveling. Rapid Penang menjangkau hampir seluruh wilayah penting di Penang dan mengintegrasikan jalur dari airport Penang ke George Town melalui terminal Komtar.

Naik taksi tarifnya tergantung dari jarak yang ditempuh. Untuk jarak pendek yang tak lebih dari 5 kiometer rata-rata tarif taksi di Penang berkisar RM 50.

Naik GrabCar. Untungnya zaman sudah begitu maju ya. Saya mendapat pertolongan dari aplikasi Grab karena saat tiba di Penang, sore itu hujan sangat deras. Sehingga, perlu transportasi tambahan dari Komtar ke hostel. So, buat kalian yang ingin lebih praktis bisa menggunakan GrabCar.

Sewa mobil di Penang, menjadi solusi terbaik bagi Anda yang suka perjalanan lebih private dan tidak terikat waktu. Petualangan Anda menjelajahi Penang menjadi lebih praktis dan mudah. Apalagi layanan sewa mobil pribadi ini sudah termasuk biaya bahan bakar dan jalan tol. Saya merekomendasikan untuk melakukan pemesanan jauh hari sebelum kedatangan melalui link ini.

Ikuti itinerary liburan ke Penang 4 hari 3 malam.

Biaya Jalan-Jalan Ke Penang Ala Backpacker.

Mau Tinggal Di Area Mana & Ngapain Aja Di Penang ?

Memang liburan sangat perlu persiapan, begitu pula ketika menentukan di area manakah kita akan tinggal, melakukan kunjungan, dan menghabiskan waktu.

Secara umum tempat wisata Penang dibagi menjadi lima lokasi.

  • George Town. Buat yang suka jalan kaki dan blusukan. Gerge Town sangat tepat dengan hobi Anda. Distrik ini paling ramai di Penang karena merupakan ibukota dari Pulau Pinang. Mendapatkan banyak hal dengan mudah mulai dari makanan pinggir jalan yang beragam, mengabadikan grafiti, menghabiskan malam di kafe unik dengan harga terjangkau, serta menjelajahi gang dengan deretan rumah peranakan yang dicat warna-warni.
  • Batu Ferringhi. Pecinta pantai dan pasir putih sangat cocok memilih Batu Feringghi untuk menghabiskan waktu liburan di Penang. Meskipun menyuguhkan keindahan alam, area ini tetap mengakomodasi kebutuhan kuliner para wisatawan. Saat malam hari kunjungi Batu Feringghi Night Market. Anda bisa mendapatkan barang-barang serta aneka makanan khas Penang. Perlu diketahui juga, jika jarak menuju airport lumayan jauh, jadi persiapkan waktu sebaik mungkin agar tidak ketinggalan pesat.
  • Gurney Drive. Di wilayah ini, bisa dibilang Penang dari sisi modernnya. Banyak sekali hotel bintang lima serta menjadi tempat yang baik untuk berbelanja karena dekat dengan mall. Untuk Anda yang ingin berobat di Penang, Gurney Drive memang lokasinya rumah sakit ternama. Untuk mendapatkan makanan enak di Penang, rasanya hampir semua area menyediakannya. Cukup banyak pedagang makanan kaki lima dan kedai yang menjajakan makanan laut segar. Sayangnya, untuk pilihan hotel dengan tarif murah tak terlalu banyak.
  • Bayan Lepas. Sangat dekat dengan Penang International Airport, Bayan Lepas cocok untuk wisata bareng keluarga. Mulai dari The War Museum, Penang Auarium, The Bukit Jambul Orchid Hibicus Garden ada di sana. Lokasinya cukup jauh dari George Town sehingga tak banyak wisata sejarah yang didapatkan saat memutuskan tinggal di area Bayan Lepas.
  • Tanjung Bungah. Bayangkan, jika perlu setengah jam berkendara dengan mobil pribadi dari pusat kota George Town. Tanjung Bungah sangat direkomendasikan untuk wisata Penang bersama keluarga. Apalagi jika suka dengan aktivitas yang berbau olahraga air. Anda bisa melakukan voli pantai, bermain sepak bola di tepi pantai, dan memancing. membangun keakraban bersama orang terdekat saat liburan sambil menginap di resort ternama dengan fasilitas yang memanjakan.

Hotel Di Penang

Saya termasuk orang yang suka booking hotel lebih dulu via online sebelum tiba ke destinasi wisata. Biasanya saya memilih lokasi tengah kota, jika memang baru pertama kali datang ke tempat tersebut. Sama seperti ketika datang pertama kali ke Penang. Saya pilih tinggal di George Town, tentu saja di area yang cukup strategis serta dekat dengan lokasi wisata kuliner, minimarket, dan mudah menjangkau pangkalan transportasi umum.

Jika Anda mengutamakan kenyamanan penginapan dengan area kamar yang lumayan besar berikut beberapa daftar hotel yang bisa Anda pilih untuk menginap selama di Penang.

Travelodge Georgetown. Hotel ini lokasinya berada di pusat kota George Town. Dengan fasilitas lengkap mulai dari tempat fitnes& kolam renang. Tarifnya berkisar $45 per malam.

Ink Hotel letaknya masih di area George Town dan mudah untuk menjangkau transportasi umum dari sana. Tarif per malam jauh lebih murah sekitar $30 per malam.

Hotel Sentral GeorgeTown sangat diminati wisatawan untuk menginap. Tarif kamarnya lumaran terjangkau berkisar $35-$40 per malam.

Hotel Royal Penang masih terletak di area George Town tepatnya di Jalan Larut. Hotel ini memang lebih direkomendasikan saat wisata ke Penang bersama keluarga karena memiliki kamar yang cukup luas dan nyaman. Selain itu fasilitas kolam renang luar ruang yang lumayan besar. Per malam tarifnya sekitar $45.

Kimberly Hotel GeorgeTown berkonsep etnik. Tarif kamarnya sangat terjangkau berkisar $20-25 saat musim diskon dan tarif normal $60.

Untuk yang lebih suka tinggal di hostel karena alasan biaya atau ingin mendapatkan penginapan lebih instagramable. Saya punya beberapa rekomendasi hostel yang bisa Anda pesan saat di Penang.

House Of Journey merupakan hostel milik keluarga yang memanfaatkan rumah lama Penang. Bangunannya sudah ada sejak 1850 dan direnovasi dengan kebutuhan modern saat ini tanpa meninggalkan unsur etniknya. Lokasi hostel ini mudah untuk menjangkau area Lovelane, Chulia Street Night Market.

Queen’s Hostel ini mendapat rating yang bagus dan direkomendasikan banyak wisatawan backpacker dari banyak negara. Letaknya benar-benar strategis dan dianggap cukup terjangkau dengan fasilitas yang diberikan untuk ukuran hostel. Uniknya kamar yang tersedia hanya dormitory saja sehingga memang lebih cocok bagi Anda yang jalan-jalan tanpa mengutamakan privasi saat di penginapan. Tempat tidur hanya dibatasi dengan kelambu dan yang menginap berbagi dengan 5-10 orang dalam satu kamar.

Baca juga pengalaman saya : Menginap di Rainbow Guest House Penang. 

Makanan Khas Penang

Penang memiliki titik-titik yang dipenuhi pedagang makanan. Ada yang pinggir jalan, restoran, kafe, atau sekedar cemilan tradisional.

Kalau ke Penang, beberapa makanan yang bisa Anda coba, antara lain :

  • Asam Laksa. Mie memang ada di mana-mana. Bentuknya yang beragam ini diadopsi banyak daerah lalu berkembang menjadi ciri khas tempat itu. Penang punya asam laksa yang pedas, bentuk mie cenderung tebal terbuat dari beras yang disirap dengan kaldu merah dengan serpihan ikan.
  • Char Kway Teow. Kwetiau goreng kalau orang Indonesia mengenalnya. Ketika saya mencobanya pertama kali, kwetiau goreng Penang ini memang didominasi dengan tauge serta kucai sehingga membuat aromanya lebih segar saat disantap.
  • Curry Mee
  • Hokkien Mee
  • Nasi Kandar.
  • Lor Bak
  • Rojak
  • Pasembur
  • Chendol
  • Ais Kacang
  • Tau Sar Pneah

Beda orang, beda testimoni menanggapi makanan khas Penang. Buat saya pribadi yang datang dari etnis Jawa-Minang, cukup bisa menerima makanan peranakan, India, Arab, maupun, Melayu. Yang paling berkesan selama di Penang yaitu makanan peranakan dari My Own Cafe Penang serta cemilannya. Untuk yang lain, saya lebih sering makan beberapa menu mie dan western food.

Sekedar review jika sudah sering makan nasi padang dengan kuah rendangnya yang menggoncang lidah. Ketika mencoba nasi kandar janganlah kaget, karena rasanya masih jauh di bawahnya. Hehe saya jadi bangga kalau begini sama makanan Indonesia.

Jika biasanya berburu kuliner sendirian. Tak ada salahnya loh mencoba paket wisata kuliner berburu makanan Penang lewat Klook. Sebuah tur yang mengantarkan kita ke empat lokasi berbeda selama tiga jam kemudian kita diperbolehkan makan empat jenis makanan tradisional khas Penang. Mulai dari yang pedas sampai ringan rasanya bisa kita coba. Pengalaman seru di Penang serta warisan budaya yang bisa kita ketahui mulai dari sejarah hingga pembuatan makanan itu sendiri.

Berobat Ke Penang

Gara-gara blogwalking di beberapa website dan membaca pengalaman Alodita. Saya jadi tahu bahwa Penang menjadi tempat favorit kedua di luar negeri untuk orang Indonesia. Apalagi bagi mereka yang tempat tinggalnya masih di area Pulau Sumatera bagian atas. Mending pergi ke rumah sakit di Penang atau Singapura daripada ke Jakarta.

Reputasi, layanan, dan tindakan cepat memang menjadi alasan kenapa orang Indonesia yang mampu memilih berobat ke luar negeri. Bisa jadi alasannya karena sekalian jalan-jalan bisa medical check up.

Tempat Wisata & Kegiatan Menarik Di Penang, Malaysia

Bagi yang jalan-jalan ke Penang untuk pertama kalinya. Saya punya beberapa rekomendasi tempat wisata Penang yang bisa Anda ikuti.

Wisata Mural. Menikmati graffiti yang bertebaran di George Town Penang lalu mengabadikannya jadi petualangan menarik. Buat saya ini benar-benar menarik karena sekaligus belajar sejarah Penang. Kebanyakan street art punya cerita dan kenapa dibuat. Nggak tanggung-tanggung, seniman kenamaan Malaysia yang membuat karya seninya.

Lebih lengkapnya bisa baca dan melihat beberapa foto tentang graffiti & street art di artikel saya berikut ini :

Berburu Mural Penang 

Street Art di George Town Penang

Humor, Makanan, Dan Jejak Jummy Choo Dalam Mural Penang.

Paket wisata malam Penang

Memang nggak biasa, tapi tawaran wisata malam di Penang ini satu paket untuk penjemputan, makan malam, naik becak, lalu melewati jembatan Penang saat malam hari, kemudian pengalaman menaiki kapal ferry untuk kembali ke Pulau Penang. Tentunya menjadi jalan-jalan yang tidak biasa karena bisa melihat sisi lain Penang saat hari sudah gelap.

Keliling Penang Naik Hop On Hop Off Bus

Tiket murah untuk bisa naik bus wisata mengelilingi Penang. Jadi, kita bisa menjelajahi 11 titik-titik penting terkait wisata Penang. Sehingga tak perlu wara-wiri dengan transportasi umum Penang yang lain. Kunjungan meliputi Gurney Plaza, Penang Botanical Garden, Chowrasta, dan beberapa tempat lainnya. Jika ingin mencoba, Anda bisa memesan dulu tiket melalui link ini dan mendapatkan diskon khusus. Jadi hemat jalan-jalan di Penang.

Jelajah Sejarah Penang

Untuk yang hobi dengan sejarah. Penang memiliki rangkaian destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari Benteng Cornwallis, Masjid Kapitan Keling, Balai Kota Penang dan beberapa tempat wisata lain. Perjalanan ini durasinya tiga jam dan dipandu dengan seorang guide lokal yang juga sebagai sopir besar untuk mengantarkan ke tempat-tempat yang sudah dijadwalkan.

Penang Gold Museum

Tempat ini begitu menarik karena memperlihatkan koleksi emas dari seluruh dunia. Wawasan tentang per-emas-an bisa bertambah kan?! Selain itu, kita juga bisa merasakan pengalaman menjadi penambang emas.

The Habitat Penang Hill

Hutan hujan tropis yang usianya lebih dari 130 juta tahun di Malaysia. Wisata alam penang yang memberi kesempatan bagi kita untuk melihat Penang dari atas serta Andaman Sea. Untuk tiketnya sekitar Rp 150an ribu dan membeli voucher lewat link ini bisa mendapatkan diskon khusus.

Escape Theme Park Penang

Cocok sekali untuk wisata bersama keluarga yang hobinya berpetualang dan memacu adrenaline. Escape Theme Park merupakan taman hiburan modern di Penang yang menyediakan lebih dari 38 wahana menantang. Setiap wahana sudah dirancang secara aman untuk berbagai tingkat usia. Jadi ga ada salahnya untuk berkunjung dan menikmati petualangan menantang.

Entopia Butterfly Farm

Sembari wisata, sekaligus dapat pengetahuan baru kalau datang ke Entopia. Tempat ini merupakan taman kupu-kupu dan serangga. Ada 15.000 serangga terbang bebas dan lebih dari 200 spesies tanaman yang bisa dilihat di Entopia. Jam operasional mulai pukul 09.00 sampai sore hari 18.00 waktu Penang.

Wonderfood Museum

Mengenal lebih jauh makanan tradisional Malaysia di Wonderfood Museum. Letaknya ada di George Town yang dibagi menjadi tiga galeri yaitu Info Zone, Wow Zone, dan Educational Zone. Beralamat di 49, Lebuh Pantai, Georgetown, Penang. Museum ini buka dari jam 9 pagi sampai 6 sore.

TeddyVille Museum

Kalau suka hal-hal berbau lucu dan girly, TeddyVille museum ini bisa menjadi tujuan wisata menarik. Boneka teddy yang menggunakan kostum dari berbagai bangsa. Anda bisa melihat koleksi boneka yang dibuat tahun 1900-an, serta berbagai display boneka berbagai ukuran. Yang menarik, pengunjung diberi kesempatan membuat boneka sendiri dan dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Tiket masuk sekitar yang lumayan murah dan bisa mendapatkan diskon lagi kalau beli lewat link ini. Museum buka jam 9 – 6 sore.

Alamat: Lantai Dasar dari Hilton Double Tree Resort. 54, Jalan Low Yat, Batu Ferringhi, 11100 Pulau Pinang, Malaysia

Dark Mansion Penang

Sebuah museum modern yang memberikan pengalaman baru utntuk menikmati lukisan 2D dan 3D serta efek cahaya. Dengan membeli sebuah voucher secara online beberapa hari sebelumnya, kita bisa mendapatkan diskon khusus untuk mengunjungi Dark Mansion Penang yang menyuguhkan lima wahana gallery dengan tema berbeda. Museum ini buka setiap hari, 10:00-18:30 (masuk terakhir pada 17.30) dengan alamat di 145, Lebuh Kimberley, 10100, Georgetown, Penang.

The Top Komtar Penang

Melihat suatu kota dari ketinggian memang menjadi pengalaman menarik. Apalagi jika kita kesempatan itu bisa dilakukan saat siang & malam hari. Satu destinasi wisata Penang dari ketinggian yaitu The Top Komtar Penang yang menawarkan sensasi melihat pemandangan kota 360 derajat. Kita juga diberi pengalaman menantang dengan berjalan di Rainbow Skywalk di mana berjalan di atas kaca.

Avenue of Adventures

Semua atraksi: 11:00-20:00, setiap Senin-Jumat

Semua atraksi: 11:00-21:00, setiap Sabtu-Minggu

Tech Dome: 10:00-18:00pm, setiap hari

Hari libur nasional dan hari libur sekolah: 10:00-22:00

Waktu kunjungan terakhir semua atraksi : 1 jam sebelum waktu tutup

Alamat: 1, Jalan Penang, 10000 George Town, Penang, Malaysia

Yup, panduan wisata & jalan-jalan ke Penang yang sudah saya rangkum di atas semoga bisa membantu Anda untuk liburan ke Pulau Penang lebih mudah.

Note : Untuk harga tiket pesawat update 2020. Agar mendapatkan promo menarik, saya sarankan selalu memantau promo maskapai.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *