Tempat Wisata Gratis di Singapura Yang Memangkas Biaya Traveling

Negara kecil yang fasilitasnya keren ini memang menjadi jujugan bagi wisatawan Indonesia. Khususnya buat mereka yang punya budget belanja melimpah. Singapura selalu jadi surganya untuk mendapatkan barang-barang bermerek. Lalu, apa kabar dengan traveler dengan biaya terbatas? Eits, ada banyak yang bisa dilakukan di Singapura meski punya uang saku minim dan tetap bisa berpetualang di negeri singa itu.

Tempat-tempat berikut ini bisa kalian kunjungi karena gratis. Meski gratisan, suasana dan pemandangannya begitu bagus & bisa menjadi destinasi liburan selama di Singapura. Buat para pecinta fotografi, Singapura menyuguhkan pemandangan artistic dengan gemerlap gedung-gedung saat malam hari, serta modernitas di setiap sudut pusat kotanya. Jadi, buat yang punya hobi fotografi, puas-puasin liburan sambil motret.

GOPR5516
Garden By The Bay

Garden By The Bay

Taman kota yang sangat luas ini memang jadi magnet untuk orang lokal dan wisatawan yang berkunjung ke Singapura. Sempatkan datang saat pagi dan malam hari karena akan mendapatkan suasana yang berbeda. Lebih pas lagi, kalau punya hobi olahraga, bisa mengawali hari dengan jogging di sekitar Garden By The Bay. Saat malam, tempat ini memang pas untuk hang out bareng teman atau pasangan saat liburan. Karena kelap-kelip lampunya memunculkan suasana romantis. Garden By They Bay merupakan salah satu tempat liburan favorit saya saat di Singapura. Dengan berbagai macam tanaman yang ada di sana, memberi suasana berbeda pada Singapura. Jam 7.45 dan 8.45 malam waktu setempat biasanya ada atraksi lampu yang menarik untuk ditonton.

Marina Barrage

Spot nyantai dan nyaman untuk menghabiskan sore hari. Baca ulasan tentang Marina Barrage di artikel saya sebelumnya. Di Marina Barrage, saya bisa berbaur dengan warga lokal dan bersantai-santai menunggu sunset.

Nonton Atraksi Lampu Marina Bay & Nongkrong

Mau bolak-balik mengunjungi Singapura. Sepertinya Marina Bay, nggak cukup Cuma sekali untuk didatangi. Apalagi untuk yang pertama kali datang ke sana, jangan sampai kelewatan menonton atraksi lampu di Marina Bay. Durasinya lumayan lama dan menjadi tontonan yang dinantikan wisatawan.

Lanjut bisa sekedar duduk-duduk atau mengabadikan foto berlatar bagunan Marina Bay Sand yang cantik.
makan-makan-di-chinatown-singapura
makanan-di-chinatown-singapore
shopping-di-singapura

Jalan-Jalan di Chinatown

Kalau mau belanja pernak-pernik lucu dengan harga terjangkau, Chinatown jadi pusatnya. Ada banyak sekali kios-kios yang menjual berbagai macam oleh-oleh Singapura. Mulai dari boneka, tas, sumpit, pajangan, dan hiasan rumah.

Nonton Pertunjukan Gratis di Esplanade

Kemegahan gedung Esplanade menjadi satu kesatuan dengan Marina Bay. Untuk menikmati pertunjukkan di sana tak selalu berbayar. Sering kali ada pertunjukan di luar gedung yang bisa ditonton sambil menyusuri pinggir danau. Pertunjukkan gratis di Esplanade Outdoor Theatre setiap akhir pekan atau hari libur nasional.

Explore The Meandering Southern Ridges

Ingin menyepi dari kemegahan Singapura, mlipir saja ke The Southern Ridges. Terdapat hamparan ruang hijau yang lekat dekali dengan alam. Taman yang  populer di Singapura ini menghubungkan lereng gunung. Wisatawan bisa ke Henderson Waves sekedar untuk menikmati udara yang segar atau olahraga pada sore hari.

The Southern Ridges terdiri dari Mount Faber Park, Telok Blangah Hill Park, HortPark, Kent Ridge Park and Labrador Nature Reserve.

Baca juga : Solo Traveling Ke Singapura. 

Blusukan di Little India

Menjelajahi keunikan Singapura di Little India. Sama seperti di Malaysia, Little India Singapura penuh dengan deretan toko pernak-pernik, penjual rempah-rempah, kuil-kuil, toko kain, dan tempat makan.

Jika ingin menyaksikan keriuhan Little India di Singapura datanglah saat bulan Oktober/November, waktu yang tepat untuk perayaan Deepavali. Ada banyak tempat bersejarah yang berkaitan dengan komunitas India di tempat ini. Salah satu yang terkenal yaitu The Little India Heritage Trail. Tempat ini bagian dari National Heritage Board untuk melestarikan tempat bersejarah di Singapura.

jalan-jalan-ke-singapura
sarapan-di-haji-lane
wisata-singapura

Menjelajahi Haji Lane & Nongkrong di Café

Belum ke Singapura, kalau belum ke Haji Lane. Gang yang terletak di Kampong Glam ini sudah ada sejak tahun 1800an. Pemerintah Singapura menyulap kawasan kecil ini agar lebih komersil dan menjadikannya sebagai tempat wisata Singapura yang dilengkapi seni, tempat makan, dan pertokoan.

Sejarah Haji Lane sebagai tempat hunian warga Melayu kelas bawah. Selain itu juga digunakan sebagai tempat singgah bagi mereka yang akan/baru saja pulang dari Haji. Jadi, jika kita sekarang mengenalnya dengan nama Haji Lane. Bisa jadi inilah alasannya.

Masjid Sultan dengan kubah emas, terletak tak jauh dari Haji Lane. Jika Anda lapar, sambangi restoran dan kedai makanan yang bertebaran di sekitar Haji Lane.

Kunjungan ke Joo Chiat Road

Joo Chiat Road merupakan kawasan pecinan. Area ini menjadi populer karena bangunan warna-warni yang sangat instagramable dan menarik untuk diabadikan. Mempertahankan bentuk bangunan berupa ruko tradisional peranakan bergaya 1920-an, Singapura menampilkan Joo Chiat Road untuk menunjang sisi pariwisata selain Chinatown. Budaya peranakan diusung dengan melengkapi jalanan dengan berbagai macam tempat makan yang menawarkan kuliner khas Chinesefood, Vietnam, dan restoran menu barat.

Jalan-Jalan di Botanic Garden, Singapura

Didirikan pada tahun 1859 oleh masyarakat pecinta agri horti-kultura, merupakan situs warisan dunia UNESCO. Tempat ini merangkum banyak kegiatan alam dan juga dijadikan tempat pegaelaran orkestra.

chinatown-singapore
Thian Hock Keng Temple
DSC-0058-2
Detil atap Thian Hock Keng Temple.

DSC-0018-2
DSC-0045-2

Tur Mengunjungi Kuil Dan Mengenal Arsitekturnya

Singapura merupakan negara yang kaya budaya. Negara yang menjadi tujuan para imigran pada masa lampau ini memberikan keunikan tersendiri dan mereka mampu hidup berdampingan selama bertahun-tahun. Salah satu yang membuat Singapura menarik yaitu mampu membuat modernisasi dan budaya lokal berjalan seiringan. Bangunan-bangunan yang kental dengan unsur agama tertentu terpelihara dengan baik hingga sekarang. Tak hanya digunakan sebagai tempat ibadah. Namun, juga diangkat sebagai bagian utama Singapura yang menonjolkan keberagaman.

Arsitektur tempat ibadah seperti Kuil Sri Mariamman yang sudah dibangun sejak 1827 dan menjadi kuil Hindu tertua di Singapura bisa Anda kunjungi. Apalagi bagi pecinta architecture photography, tempat ini memiliki detil yang bagus di bagian luarnya. Saran saya, Anda bisa berkunjung di jam-jam yang tidak padat untuk ibadah. Gunakan pakaian yang tertutup dan rapi, karena bagaimana pun kita mengunjungi tempat keagamaan.

Satu lagi kuil yang juga memiliki bangunan yang indah yaitu Thian Hock Keng Temple. Kuil yang terletak di area dekt Chinatown ini dibangun tanpa menggunakan paku. Bisa kebayang bagaimana mereka membuat kayu-kayu yang menyangga atapnya dapat berdiri tegak ? 😀

Kuil ini memiliki arti Kuil Kebahagiaan Surgawi. Ditujukan untuk Mazu, Dewa Laut, Thian Hock Keng sering dikunjungi wisatawan mancanegara karena keunikan bangunannya.

Jalan-jalan menyusuri Singapore River

Kota ini asyik tidak ada habisnya. Wisata murah di Singapura dengan jalan-jalan santai menyusuri pinggiran Singapore River. Dari Clark Quay ke Merlion Park sisi lain kota dan aktivitas warga setempat. Jika lapar pun, Anda bisa mampir ke beberapa restoran terdekat untuk sekedar beli cemilan atau nongkrong, sambil menikmati lalu lalang kapal wisata yang hilir mudik melewati sungai.

Obyek wisata di Singapura tersebut bisa kamu kunjungi selama berlibur.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *