Tak Perlu ke Agen ! Ini Langkah Pesan Tiket Bus Rosalia Indah Secara Online

Naik bus zaman sekarang bukan sesuatu yang menyengsarakan lagi. Dengan fasilitas layak yang nyaman dan memanjakan penumpangnya, bepergian dengan bus memberikan pengalaman menyenangkan. Meskipun konsekuensi durasi perjalanan memang lebih panjang jika dibandingkan dengan pesawat terbang atau kereta api yang durasi perjalanan bisa lebih diprediksi.

Tapi panjangnya perjalanan sekarang ini bisa diminimalisir ketika banyak jalan tol dibangun, yang biasanya dari Solo ke Jakarta bisa 12 jam. Kini bisa ditempuh sekitar 10 jam saja.

Untuk sebagian orang, bepergian dengan bus bukan lagi soal pilihan terakhir. Melainkan menjadi pengalaman mencoba berbagai jalur, layanan fasilitas dari berbagai perusahaan otobus. Sehingga penggemar bus yang dikenal dengan sebutan busmania ini, menjadikan mobilitas dengan bus sebagai sebuah hobi.

Beberapa kali saya pernah memesan tiket via online sebelum melakukan perjalanan mengunjungi Malaysia, Vietnam, Kamboja, dan Thailand. Semuanya terasa mudah, banyak pilihan, dan pembayaran dapat dilakukan  dengan paypal atau kartu kredit. Sehingga mengantisipasi agar tidak kehabisan tiket di hari kita bepergian antar kota atau antar negara. Waktu itu, sistem pembelian tiket bus di Indonesia belum bisa dilakukan seperti di negara-negara tetangga.

Kita harus pergi ke terminal atau ke kantor agen-agen bus yang ada di wilayah tertentu. Ketika saya membuka aplikasi penjualan tiket online. Sehingga harus nitip ke keluarga agar dibelikan tiket terlebih dahulu. Agak merepotkan ya?!

Perusahaan otobus yang sudah jadi langganan dengan jalur Solo-Jakarta yaitu Rosalia Indah. Saya mencoba masuk ke aplikasi penjualan tiket online tapi tidak menemukan bus yang saya maksud.

Berikut cara memesan tiket bus Rosalia Indah lewat online.

  1. Buka wesbite www.Rosalia-Indah.co.id. Lihat kolom sebelah kanan dan klik pesan tiket.

    cara pesan tiket bus rosalia indah online
    Step 1 – Step 3
  2. Masukkan rincian tanggal kepergian mulai dari tanggal, jumlah tiket yang dipesan, kelas bus yang diinginkan, kota asal dan lokasi agen keberangkatan, kota tujuan dan agen kedatangan.
  3. Klik tombol cari tiket.

    pesan tiket rosalia indah
    Step 4
  4. Muncul pilihan jadwal keberangkatan. Tinggal pilih sesuai yang diinginkan dan klik pesan.

    rosalia indah webiste
    Step 5
  5. Selanjutnya muncul rincian kolom identitas yang harus diisi untuk melengkapi booking tiket bus Rosalia Indah. Isi kolom sesuai dengan data yang ditentukan dan klik setuju. Lalu lanjut ke pembayaranharga tiket rosalia indah

    cara pembayaran tiket rosalia indah online
    Step 6
  6. Di halaman ini muncul detil pemesanan dan data pemesan. Catat kode booking yang sudah dikeluarkan pihak Rosalia Indah. Di bagian bawah terdapat pilihan pembayaran. Saya pilih pembayaran lewat Alfamart.

Kode booking ini diinfokan ke pihak Alfamart untuk dilacak dan verifikasi. Setelah itu, kita bisa langsung membayar.

Catatan :

Berdasarkan pengalaman, saya sampai 3 kali melakukan pemesanan tiket bus Rosalia Indah lewat website karena terjadi error setelah sampai di halaman pembayaran. Setelah itu, saya menelepon pihak customer service yang berlokasi di Solo. Saya menanyakan tentang error yang terjadi dan pihak customer service menjawab bahwa kemungkinan website memang sedang error dan perlu diulang, atau jika terjadi hal yang sama. Kemungkinan kuota habis. Padahal ketika saya cek di kolom kursi yang tersisa masih cukup banyak.

Informasi lanjutan yang saya dapat, kalau jatah per bus untuk pembelian tiket secara online memang dibatasi. Namun, tidak singkron dengan data yang keluar pada website.

Fasilitas Kelas Executive Plus Bus Rosalia Indah

Jangan bayangkan kursi keras, panas, dan ketidaknyamanan. Menurut saya, perusahaan-perusahaan otobus di Pulau Jawa untuk perjalanan jarak jauh menyediakan fasilitas sangat baik dan selalu mengupgrade tipe bus. Jika dibandingkan dengan beberapa bus yang sudah saya tumpangi di Vietnam atau Kamboja, kondisi bus di Indonesia sudah jauh di atas mereka.

Rosalia Indah Kelas Executive Plus

Untuk bus eksekutif plus dapat menampung 32-34 orang. Setiap penumpang mendapatkan air minum, bantal, selimut, dan jatah makan 1 kali pada malam hari. Jika jadwal pemberangkatan bus antara siang menjelang sore hari. Maka sekitar pukul delapan akan berhenti di tempat makan yang sudah bekerja sama dengan Rosalia Indah untuk memberikan makan malam bagi penumpang. Namun, jika keberangkatan di jadwal terakhir yakni di atas pukul enam sore. Sering kali, penumpang diberi nasi kotak untuk makan malam.

Perjalanan naik bus memang lebih lama dari transportasi lain. Apalagi jika bus antar kota antar provinsi. Sebaiknya hal berikut ini perlu diperhatikan, agar perjalanan panjang bisa dilalui dengan nyaman :

Tips Nyaman naik bus lebih dari 5 jam

Kenakan celana panjang longgar dan berbahan nyaman

Menggunakan pakaian yang nyaman seperti kaos dan celana panjang berbahau katun lebih enak saat perjalanan jauh naik bus. Selain lebih bebas bergerak, posisi duduk yang terlalu lama akan membuat kaki terasa kaku. Jadi sebaiknya gunakan celana yang longgar.

Sebisa mungkin menghindari celana jeans yang ketat, karena posisi duduk yang lama dengan menggunakan celana jeans yang cenderung kaku membuat tidak nyaman. Celana training bisa menjadi pilihan untuk dikenakan.

Sweater atau jaket

Kelas ekesekutif, eksekutif plus, atau super eksekutif menggunakan air conditioner yang cukup dingin. Meskipun sudah ada selimut, tak ada salahnya memakai jaket atau sweater agar lebih hangat dan bisa tidur nyaman saat perjalanan. Lebih baik lagi jika menyiapkan syal untuk melindungi leher.

Antisipasi Perjalanan Panjang ? Susun lagu-lagu di handphone untuk mengisi waktu luang yang panjang. Apalagi biasanya bus antar kota merupakan bus malam. Di dalam bus pun biasanya lampu tidak dinyalakan kecuali saat berhenti untuk makan malam atau ada kepentingan tertentu.

 

 

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *