Review : Saigon Marvel Hostel

Dari pemberhentian bis terakhir, saya hanya tinggal jalan kaki sekitar 300 meter menuju Saigon Marvel Hostel. Letaknya cukup strategis di area backpacker yang mudah ditemukan. Berada di pinggir jalan, dengan lingkungan sekitar penuh kafe, warung makan, dan minimarket. Dengan harga sangat terjangkau saya sudah bisa tinggal di penginapan yang bersih, tempat tidurnya nyaman, ber-Ac, dan sudah dapat sarapan.

Saigon Marvel Hostel
Bagian depan Saigon Marvel Hostel yang semakin ramai saat malam hari.

Hostel ini memiliki bar serta mini restoran di lantai dasar, yang menyatu menjadi ruang resepsionis. Saya datang sore hari, setelah penerbangan dari Kuala Lumpur. Seperti penginapan pada umumnya, hostel mewajibkan check in di atas jam 1 siang.

Saya menemui respsionis untuk mengkonfirmasi pemesanan dormitory selama dua malam untuk dua tempat tidur. Sempat terjadi kesalahan karena resepsionis hanya menyuruh saya melakukan pembayaran untuk satu malam. Tapi setelah dikonfirmasi dan dicocokan dengan data, semuanya bisa diselesaikan dan saya melunasi pembayaran hostel dengan biaya lebih murah karena booking online.

 

Booking Hostel Online

Keuntungan pesan kamar/dormitory secara online, saya mendapatkan harga jauh lebih murah. Sebagai contoh, di Saigon Marvel Hostel untuk satu tempat tidur mix-dorm harga sewanya Rp 88.000 saja. Dua tempat tidur, dua malam totalnya Rp 352.000.

Saya hanya perlu membayar uang booking pada pihak ketiga sekitar Rp 50.000 dengan kartu kredit atau paypal. Untuk pelunasan dilakukan saat check in.

Jika kita datang secara langsung di hostel tanpa booking online. Harga kamar akan lebih tinggi. Saya bertanya pada resepsionis saat harga sewa untuk semalam sekitar 150-an ribu rupiah. Jadi, jika dihitung-hitung, saya berhemat hampir 50% untuk menginap.

Ketelitian diperlukan saat check-in untuk melihat kembali nota pembayaran hostel yang kita sewa. Jangan karena cuek, kita hanya bayar kurang dari jadwal menginap yang seharusnya. Bisa jadi keesokan harinya kita diharuskan membayar jauh lebih mahal untuk perpanjang jadwal menginap.

Selamat datang di Saigon Marvel Hostel


Alamat Saigon Marvel :
47 Đỗ Quang Đẩu, Phạm Ngũ Lão, Quận 1, Hồ Chí Minh, Vietnam
Telepon:+84 93 635 49 74

bar saigon marvel hostel
Bar yang menjadi tongkrongan para tamu, bagian sudutnya jadi ruang resepsionis.

 

 Kamar di Saigon Marvel Hostel

Memilih menjadi pejalan dengan biaya rendah, membuat saya tertantang untuk mengelola keuangan serta memilih akomodasi yang harganya bersahabat di kantong saat liburan. Meski begitu, sejak awal saya menekankan jika murah bukan berarti murahan.

Menyewa tempat tidur di ruang dormitory menjadi pilihan selama perjalanan di luar negeri. Saya selalu memilih mix-dorm agar bisa selalu satu kamar dengan Rudy, meski harus tidur di bed yang berbeda.

Di Saigon Marvel Hostel, kami tinggal di kamar yang berisi 14 tempat tidur yang bentuknya bertingkat. Setiap pengunjung diberi kunci loker digital yang berbentuk gelang untuk menyimpan tas dan barang-barang penting. Lucunya loker yang disediakan bukan lemari, tetapi memanfaatkan kolong tempat tidur yang ditutup dengan kayu.

Loker cukup luas untuk menyimpan berbagai macam barang termasuk memasukkan tas ransel. Kunci loker tinggal ditempelkan saja agar pintunya terbuka otomatis. Setiap membuka dan menutup akan muncul bunyi tertentu.

Tempat tidur di dormitory ini juga nyaman dan bersih, serta cukup luas untuk ditempati satu orang. Setiap tempat tidur dilengkapi dengan lampu dan dua steker untuk charging handphone. Saya jadi mudah men-charging batre telepon selular dan kamera secara bersamaan.

 

Privasi

Salah satu alasan saya memilih Saigon Marvel Hostel yaitu tingkat privasi pengunjung yang terjaga meski tinggal di dormitory. Tiap tempat tidur diberi korden serta bentuknya lebih mirip almari balok yang di kelima sisinya tertutup kayu.

Korden yang disediakan juga menggunakan kain tebal sehingga orang lain tidak bisa melihat apa yang kita lakukan di tempat tidur. Jadi tak perlu khawatir, bakal diintip atau diperhatikan teman sekamar yang belum kita kenal. Privasinya sangat terjaga.

Ditambah dengan lampu di setiap tempat tidur dengan kualitas yang terang. Membuat saya jadi nyaman untuk beraktivitas seperti membaca atau sekedar beres-beres perlengkapan tanpa mengganggu teman menginap lainnya.

dormitory
Dormitory di lantai 1 Saigon Marvel Hostel

 

Kebersihan

Untuk tingkat kebersihan, hostel ini saya beri nilai 9. Semuanya bersih dan rapi, begitu pula dengan kamar mandi umum dengan fasilitas lumayan lengkap seperti sabun, shampo, serta air hangat.

Salah satu tolak ukur hostel dengan kualitas baik yaitu kebersihan kamar mandi. Toilet dan shower dipisahkan serta sangat terjaga kebersihannya. Ukurannya tidak luas tapi cukup memberi ruang gerak saat mandi.

Saat masuk kamar mandi/toilet, beberapa sandal khusus disediakan. Saya harus menggunakan sandal tersebut saat beraktivitas di toilet atau pilih tanpa sandal. Alas kaki pribadi tidak diperkenankan masuk, tujuannya sederhana agar kebersihan lantainya terjaga.

Fasilitas

Hampir semua hostel pasti menyediakan wifi. Kami mendapatkan akses wifi dengan kecepatan maksimal hingga 50 kbps. Ini jauh lebih cepat bahkan dari wifi yang ada di perkantoran di Jakarta :D. Mau browsing tidak perlu khawatir lemot.

Sarapan

Hal kedua yang menjadi opsi untuk memilih suatu hostel selain kebersihan yaitu sarapan gratis.

Tidak semua hostel menyediakan sarapan lho. Di Saigon Marvel, sarapan tidak dilakukan self service seperti pada umumnya. Saya dan Rudy tinggal duduk di restoran kecil di lantai dasar lalu disodori menu.

Restoran kecil sekaligus ruang tunggu bagi para tamu yang akan check in

Menu sarapan hanya empat jenis tetapi sudah lebih dari cukup dan sangat mengenyangkan. Roti dan telur menjadi komposisi utama.

Kami bisa pesan telur ceplok, telur dadar, atau telur campur dengan sayur. Roti yang digunakan juga khas roti prancis berukuran besar yang ketika dipencet dengan mudahnya kempes.

Roti ini menjadi ciri khas Vietnam yang mengalkuturisasi budaya Perancis, negara yang pernah menjajahnya.

Makanan sehat yang lengkap karena selalu ditutup dengan buah pisang serta minum jus buah. Favorit saya jus semangka yang segar. Dan baru kali ini, Rudy mengaku bisa mengkonsumsi semangka tanpa harus alergi dengan aromanya.

Stafnya juga sangat helpful. Saya sangat terbantu ketika harus pesan grab untuk ke agen bus yang ternyata letaknya cukup jauh dari hostel. Ditambah lagi saya bisa tukar uang dollar ke dong ke resepsionis karena kehabisan mata uang lokal untuk bayar taxi online. hehe

Konklusi

Secara keseluruhan saya betah tinggal di Saigon Marvel Hostel. Lokasinya yang super strategis memudahkan saya untuk dapat bepergian ke mana saja dengan mudah. Sayangnya, hostel ini tidak punya lobby atau ruang khusus untuk bersantai bagi para tamu yang menginap. Ruang kamar dan tempat tidur menjadi dua lokasi utama menghabiskan waktu jika berada di hostel.

Karena memiliki bar dan restoran kecil. Setiap malam, kami yang menginap akan mendengarkan musik berdentum di lantai paling dasar. Mengganggu? Tidak juga. Karena saya lebih suka tinggal di lingkungan penginapan yang tidak sepi. Untuk ukuran hostel nyaman, Saigon Marvel bisa dijadikan opsi untuk tinggal selama di Ho Chi Minh City.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *