Plan B : Rencana Tak Terduga Menghabiskan Waktu Wisata di Ipoh Malaysia

Malaysia memiliki Ipoh dengan sejarah sebagai kota timah yang sudah ada sejak 1880-an. Setelah lebih dari seratus tahun. Kota ini kembali diperkenalkan sebagai duplikat Penang dan menyandang sebagai tujuan wisata Malaysia yang layak dikunjungi dengan keunikan budaya dan mural.

Di Ipoh yang tenang, kunjungan wisata Malaysia kali ini lebih mengagumi bagaimana kota yang tidak lebih ramai dari tempat saya besar, Solo. Mampu menjadi daya tarik dan tempat wisata ketiga yang direkomendasikan Negeri Jiran.

Dengan ketenangannya, ternyata kuliner menjadi magnet bagi Ipoh selain tambangnya. Kue-kue pastry menjadi favorit saya sepanjang tiga hari berada di kota ini.

Rencana pertama menunjungi Ipoh terlaksana sudah. Liburan santai yang berujung keliling kota dengan bersepeda ternyata harus terhenti karena hujan turun dengan derasnya. Rencana kedua pun muncul tanpa dinyana. Di kota yang terkesan lebih tua dan klasik. Plan B muncul sebagai pilihan yang menarik dan layak diselipkan dalam jadwal saat itu.

Selamat datang di Plan B. Disambut akar tanaman yang begitu instagramable.
wisata ipoh malaysia
Jendela ini merupaka pembatas dengan tempat makan yang menjual makanan tradisional. Sangat kontras.
plan B ipoh malaysia
Me.

Apa itu Plan B ?

Tempat nongkrong ini lumayan luas dan sangat kontras dengan area sekitarnya yang berupa bangunan tua. Kombinasi artistik yang menggabungkan reruntuhan bangunan dan material modern sebagai penyusun restaurant & lounge di pusat kota. Membuat Plan B tampak elegan dengan konsep tempat ngumpul, makan, belanja, sampai cukur rambut.

Di Plan B inilah, waktu saya tersita sepanjang sore. Memarkir sepeda pinjaman dan meletakkan di deretan mobil-mobil modern. Saya memasuki gang yang berujung pada ruang terbuka di bagian tengah dengan akar tanaman yang menjalar seolah memeluk tembok-tembok yang tak utuh lagi.

Ruangan-ruangan ini dibiarkan seolah tak terurus. Namun, masih berfungsi sebagai outlet baju dan cinderamata.

Tampak dari luar Plan B memang terlihat sebagai tempat makan yang mewah di antara kedai-kedai sederhana. Sangat kontras jika dibandingan bangunan sebelahnya yang ramai dengan kerumunan orang memesan berbagai makanan layaknya sebuah food court.

Hal yang berlawanan arah ini tak mematikan keduanya. Karena memang Plan B dikemas berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri sebagai tempat makan dan belanja pernak pernik.

ipoh malaysia

wisata kuliner ipoh

kafe di ipoh

wisata ipoh
Ada galeri dan booth kecil di luar kaca yang menjual berbagai macam aksesoris.

Sejarah Plan B

Dengan lokasi yang strategis dan cukup luas. Plan B terlihat tampak begitu modern dengan desain industrial yang memanfaatkan kaca dan menggunakan struktur baja.

Konsep ini bukan tanpa alasan, karena sesungguhnya asal usul Plan B dari sebuah gudang furnitur besar seluas 7.885 meter persegi.

Ruang indoor dan outdoor restoran pun dikombinasikan untuk menampung kebiasaan para tamu yang sebagian ingin bercengkrama di ruang terbuka. Sedangkan yang lain ingin lebih menikmati kenyamanan tempat makan ber-AC dan lebih tenang dari lalu lalang kendaraan.

Yang membuat saya merasa nyaman di Plan B yaitu kemampuan Plan B yang tak hanya sebagai tempat makan tetapi sekaligus untuk nongkrong dan menikmati sisi artistik dari sebuah bangunan.

Berkumpulnya fasilitas umum dalam Plan B mampu menjadi tempat one stop activities bagi pengunjungnya. Mulai dari makan, belanja, bersantai, atau sekedar ingin mengabadikan kemampuan fotografi dasar bagi mereka yang suka berfoto

restoran plan B Ipoh
Bertema industrial, Plan B menggabungkan konsep industrial dan go green dalam satu tempat.

 

tempat makan di Ipoh, Malaysia
Nongkrong sambil makan, sambil nyemil bareng genk.

wisata kuliner ipoh

 

Nongkrong Santai Sambil Makan, Sambil Nyemil

Mayoritas menu yang ditawarkan Plan B memang kebarat-baratan. Mulai dari cake, pasta, salad, hingga kopi dan minuman beralkohol. Tapi beberapa makanan berat dengan menu ala Asia pun di sediakan.

Buat saya pribadi, berada di Plan B tidak melulu mencoba makanannya. Tetapi merasakan ambience suatu restoran yang terintegrasi bahkan dengan reruntuhan bangunan yang dibuat untuk galeri.

Sehingga, Plan B muncul sebagai tempat modern di tengah keunikan Ipoh yang lebih menonjolkan sejarah dan kota tuanya.

Tertarik ke Plan B saat di Ipoh ?

Jangan sampai kelewatan ya mampir ke sana.

PLAN B (pork-free)
No. 75, Jalan Panglima,
30000 Ipoh, Perak, Malaysia.
Tel No : +605-249 8286
Open : 9am – 10pm

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *