Panduan Wisata Ke Gili Trawangan : Nikmati Indahnya Pantai & Wisata Malam

Pantai, sunrise, sunset jadi kombinasi terbaik untuk liburan.

Jika itu yang Anda cari, maka panduan wisata ke Gili Trawangan yang saya tulis ini memang yang dibutuhkan.

Sudah…lupakan Bali dulu untuk sementara.

Mari kita bergeser sedikit saja lebih ke timur. Naik fast boat, nyebrang dari Padang Bai. Menengok sebentar, mungkin tiga hari, atau bisa seminggu untuk sejenak menikmati pulau Indonesia yang digandrungi bule.

Keindahan Gili Trawangan memang susah untuk dibantah. Salah satu langkah penduduk lokal untuk menjaganya dengan melarang transportasi bermesin untuk berkeliaran di pulau itu.

Sebenarnya masuk akal karena luasnya memang tak seberapa. Jika mau lari pagi, keliling pulau pun bisa diselesaikan dalam waktu 45 menit sampai 1 jam saja.

Alat transportasi yang digunakan selama di pulau ini adalah cidomo dan sepeda. Ya, kalian bisa menyewanya ke beberapa rental yang ada di pulau itu. Untuk sepeda tarifnya sekitar Rp 50.000 – Rp 70.000 selama 24 jam. Sedangkan cidomo bisa disewa seharian atau hanya untuk mengantar dari satu lokasi ke lokasinya saja.

Dengan luas 15 km persegi, Gili Trawangan memiliki kisah yang hampir sama seperti daratan Australia. Pulau ini menjadi tempat pengasingan para pemberontak saat kerajaan masih berjaya di Lombok.

Wow… kalau zaman sekarang, mau diasingkan ke sana. Kayaknya mau-mau saja ya.

Tak sedikit, ada 350 pemberontak yang mendiami pulau itu. Sedangkan tahun 1970, pelaut Bugis sempat singgah dan berasimilasi dengan suku Sasak & Bali.

sewa-sepeda-di-gili-trawangan
Ada banyak rental sepeda di Gili Trawangan. Alternatif untuk mengelilingi pulau.
wisata-ke-gili-trawangan
Pemandangan di tepi pantai Gili Trawangan. Terlihat dari kejauhan daratan Lombok.

area-di-gili

Apa menariknya liburan di Gili Trawangan ?

Seperti yang saya tulis di awal artikel ini. Gili Trawangan memiliki sunrise dan sunset yang cantik…

Lihat foto yang diambil oleh suami saya, Rudy Hantoro.

sunrise-gili-trawangan
liburan-ke-gili-trawangan

Saat pagi hari, kami sempatkan jalan-jalan ke pinggir pantai sekitar Gili Trawangan. Meski kafe-kafe yang ada di sana tutup, kegiatan nelayan di tengah laut bisa kita lihat. Matahari yang hangat serta suasana tenang bisa saya temui saat berlibur. Ibaratnya mau pergi ke pantai dari hotel hanya selemparan batu saja.

Tengok lagi foto di bawah ini. Warna sunset yang begitu memukau, mengantarkan kita menyambut malam dan gemerlap wisata malam di Gili Trawangan.

Lalu bagaiman cara menyebrang ke Gili Trawangan dari Bali ataupun dari Lombok ?

#1 Cara pergi ke Gili Trawangan dengan transportasi laut

Yup memang hanya itu transportasi yang bisa kita jangkau menuju pulau. Menggunakan fast boat dengan durasi sekitar 1,5 jam perjalanan. Jika ada wisatawan dari Nusa Dua, Kuta, dan daerah lainnya di Bali yang akan ke Gili Trawangan. Mereka harus naik shuttle bus atau travel untuk mengantarkan ke pelabuhan Padang Bai. Lalu menyebrang sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Anda bisa baca pengalaman saya naik fast boat dari Padang Bai ke Gili Trawangan di sini.

#2 Kegiatan liburan ke gili trawangan. Kita bisa ngapain aja ?

Terserah Anda, mau liburan santai atau memaksimalkan waktu selama di Gili Trawangan. Semua sah-sah saja. Namun, buat pengunjung pemula. Ada beberapa refrensi kegiatan yang bisa dilakukan.

Sunset dan Sunrise Cantik Gili Trawangan

Jangan bangun siang pas liburan.

Kalau ke tempat wisata pantai, saying sekali melewatkan sunrise dan sunset. Saya rela bangun pagi-pagi tanpa mandi lalu datang ke pelabuhan Gili Trawangan. Memang nggak mengecewakan kuningnya matahari terbit. Plus melihat siluet sebagian Pulau Lombok dari kejauhan. Yang hobi motret, pasti dapat obyek menarik.

Sunset di Gili Trawangan jauh dari mengecewakan. Saya rela mager dari sore, duduk-duduk di tempat yang sepertinya bekas restoran. Nunggu lebih dari sejam, santai-santai main di pantai sambil ngelihatin pasangan bule yang asyik mesra-mesraan.

Penantian pun terbayar, sunsetnya kuning merekah. Gunung Agung di Pulau Bali juga terlihat seperti pucuk tumpeng berwarna hitam. Jangan sampai beranjak, saya bahkan menunggu sampai matahari benar-benar tenggelam di barat. Saran saya, menghabiskan lebih dari sejam untuk sunset bukan soal sulit. Di belakang tempat tongkrongan wisatawan itu ada bukit yang bisa dijelajahi.
wisata-pantai-gili-trawangan
Berenang

Liburan di Gili Trawangan sudah pasti harus berenang. Buat yang jago renang. Tapi yang kemampuan renangnya biasa aja, cukup main air di bagian yang cetek atau berjemur. Sekedar basah-basahan di tepi pantai juga menyenangkan. Jika nekat, pas siang hari tentu saja sangat panas. Kecuali memang ingin menghitamkan kulit. Kalau saya lebih memilih bermain air pas sore hari.

Makan-makan di Pasar Malam

Fasilitas Gili Trawangan sudah sangat baik. Banyak kafe dan restoran yang harganya biasa sampai agak mahal. Buat saya yang budget liburannya tidak banyak. Wisata kuliner di pasar malam Gili Trawangan jadi pilihan pas. Letaknya dekat dengan pelabuhan. Areanya yang hanya seluas lapangan badminton ini ramai dikunjungi wisatawan. Terutama backpacker baik bule atau pelancong lokal.

Harganya terbilang murah untuk porsi yang luar biasa. Lapaknya hanya meja-meja yang berjejer dan ditunggui pedagang.

Ada yang berjualan sate, bakso, cemilan atau kue-kue yang mengenyangkan, dan makanan khas Lombok. Di sinilah akhirnya saya menyerah mengantri di meja pedagang yang menjual berbagai macam makanan.

Antrian memanjang dan jangan kepikiran untuk nyela deh. Soalnya saya sempat salah berdiri dan nggak sengaja mendahului seorang bule. Eh saya dikira nyerobot antrean.

Selanjutnya saya lebih pilih beli seafood saja. Ikan tongkol harga Rp 80.000 yang besar dan lebih dari cukup untuk dimakan berlima. Saya dan Rudy sampai super kekenyangan.

Lari pagi

Olahraga air sudah pasti ada di Gili Trawangan. Uniknya wisatawan yang datang terutama bule meluangkan pagi hari mereka untuk joging mengitari pulau. Kalau saya cukup jalan santai saja, wara wiri sambil melihat-lihat suasana yang ujungnya cari sarapan.

Di sana, cari nasi bungkus juga bisa. Biasanya ada ibu-ibu yang mangkal dengan membawa keranjang berisi beberapa nasi bungkus murah. Harganya tak sampai sepuluh ribu rupiah. Lumayan ya, daripada makan mie instan. Isinya pun menarik karena suwiran ikan laut yang dibumbui.

Snorkeling

Seperti kegiatan wajib jika ke Gili Trawangan. Paket snorkeling ditemukan dengan mudah diberbagai sisi jalan dan sudut Gili Trawangan. Tahun 2014 harga per paket sekitar Rp 95.000-Rp 120.000 tergantung fasilitas yang disertakan. Jika sangat murah itu hanya paket wisata snorkling saja belum termasuk perlengkapannya. Jadi pastikan apa saja yang bisa didapat serta lokasi mana saja yang akan digunakan untuk snorkling. Karena perairan di sekitar Lombok memiliki arus kuat.

Cara lain menikmati Gili Trawangan yaitu sewa cidomo dan mengelilingi pulau. Sewanya sekitar Rp 50.000 sampai Rp 75.000. Cidomo ini muat untuk 3 sampai empat orang. Meski tak menimbulkan polusi udara, tapi polusi bau malah muncul karena cidomo ditarik kuda. Pasti terbayang kan, kotoran kuda sering meleset tidak pas jatuh di kantong kotoran. Tapi bertebaran di jalan. Jadi hati-hati menginjak ranjau.
naik-cidomo
snorkeling-di-gili-trawangan
Diving

Wisata air ini memang ditujukan untuk mereka yang sudah lulus pelatihan menyelam dan bersertifikasi. Diving jauh lebih menarik daripada snorkeling tapi modal yang digunakan juga jauh berbeda. Di Gili Trawangan ada banyak program sertifikasi yang dibimbing instruktur handal. Tarif khusus dan biasanya dihitung dalam dollar Amerika. Saya sih belum mengikuti sertifikasi menyelam, mungkin suatu saat. Tapi tunggu dulu, jangankan diving di kedalaman tertentu. Untuk berenang saja saya masih belum mahir. Ups.

Ikuti Kelas Memasak

Liburan tapi ikut kursus ? Yup. Salah satu kegiatan yang bisa diikuti di Gili Trawangan yaitu kursus membuat pizza. Menurut saya menarik karena peserta diajarkan bagaimana membuat pizza yang menghasilkan roti tipis dan renyah. Pembuatannya menggunakan tungku api yang besar. Detil pembuatan pizza diajarkan dan tentu saja hasilnya dapat dikonsumsi sendiri. Pizza jadi menu yang disediakan di mayoritas cafe di Gili trawangan. Jadi kenapa ada kursus pizza di pulau ini.

Kelas Yoga

Yoga bisa dijadikan pilihan untuk mengisi waktu liburan di Gili Trawangan. Jadwalnya tiap jam 6 pagi dan empat sore. Jangan bayangkan yoga di dalam ruangan. Kelas yoga ini diselenggarakan di ruang terbuka, di bawah pohon yang menghadap ke pantai. Duhhh sekalian olahraga sekalian cuci mata.

Nongkrong di Kafe

Aktivitas paling santai dan nyaman di Gili Trawangan. Nongkrong di kafe, memesan makanan sambil minum bir, mendengarkan live music, atau hanya leyeh-leyeh di kursi panjang/bean bag. Rasanya seperti surga. Tapi inilah liburan yang sebenarnya yaitu bermalas-malasan. Beberapa kafe malah membuat acara api unggun yang bisa diikuti pengunjungnya. 
transportasi-di-gili-trawangan
Fotografi

Yang punya hobi motret pasti senang sekali di Gili Trawangan. Tidak hanya alamnya yang indah, kegiatan keseharian di pulau ini memang patut diabadikan. Jalan-jalan saja mengelilingi pulau. Pasti ada banyak hal yang bisa dijadikan sumber inspirasi. Mulai dari aktivitas pelabuhan, wisatawan, kuli-kuli panggul yang memindahkan semen dan ratusan karton bir dari kapal. Hal-hal kecil ini bagi saya sangat seru karena bisa mengetahui langsung kehidupan masyarakat di Gili Trawangan.

Berkuda

Tak hanya naik Cidomo, di Gili Trawangan wisatawan juga bisa menyewa kuda sekaligus pelatihnya untuk mengajari cara berkuda yang benar. Terdapat sebuah lahan yang digunakan untuk berlatih.

Selain kegiatan saat liburan di Gili Trawangan, hal paling penting yang harus kita pikirkan saat baru datang ke sana yaitu mencari penginapan.

#3 Hotel Di Gili Trawangan

Obyek wisata Gili Trawangan banyak yang bisa diakses secara gratisan. Jadi, buat Anda yang masih kelebihan biaya, punya pilihan untuk sewa hotel berkualitas yang lokasinya strategis dekat pantai. Selain karena mendapatkan pemandangan yang bagus, tentu saja fasilitas yang ada juga bisa memenuhi kebutuhan liburan agar lebih nyaman.

Ada beberapa hotel di Gili Trawangan yang bisa dipilih. Dari sisi bangunan tampak instagramable dan kekinian. Berikut beberapa diantaranya :

  • Aston Sunset Beach Resort
  • Pearl Of Trawangan
  • Pink coco Gili Trawangan
  • Hotel Ombak Sunset

Nah, jika biaya jalan-jalan ke Gili Trawangan tak terlalu besar. Maka, Anda perlu pandai memilih tempat menginap. Salah satu caranya dengan memilih penginapan yang letaknya berada di tengah pulau.

Agar semakin lengkap untuk memberikan informasi tentang Gili Trawangan. Anda juga harus tahu bahwa ada fakta-fakta penting tentang pulau ini. Semuanya terkait dengan aturan dan kebiasaan warganya.

>> Di Gili Trawangan biaya makan bisa cari yang murah, tetapi untuk membeli barang kebutuhan lain seperti kebutuhan pribadi wanita, oleh-oleh, atau souvenir cenderung lebih mahal jika dibandingkan di Bali. Saya menyarankan jika Anda mau ke sana pastikan dulu, barang-barang yang dibutuhkan. Sehingga bisa dibeli sebelumnya.

>> Ketiga pulau Gili. Dari Gili Meno, Gili Air, maupun Gili Trawangan memang didominasi wisatawan mancanegara. Jadi, Anda tak perlu kaget, jika mungkin melihat mereka berwisata dengan pakaian terbuka dan sering melakukan party. Toh, tempatnya sudah tepat. Sehingga, perlu persiapkan diri dulu untuk melihat gaya hidup yang mungkin berbeda dari daerah asal Anda.

>> Pencuri mendapatkan sanksi dari aparat & sanksi sosial. Jika ketahuan maka akan diarak keliling pulau oleh petugas. Mereka juga mengenakan kalung bertuliskan tentang kejahatan yang dilakukan.

>> Gili Trawangan memiliki konservasi penyu. Di bulan-bulan tertentu, selalu ada pelepasan anak penyu ke pantai. Alias dikembalikan ke habitatnya. Kita bisa juga memberikan donasi, sehingga kegiatan ini terus berlangsung untuk menjaga keseimbangan alam.

things-to-do-at-gili-trawangan
#4 Biaya makan di Gili Trawangan

Untuk yang punya budget besar, tak ada salahnya makan di kafe atau restoran. Biasanya, menu-menu yang disediakan merupakan western food. Hal ini terjadi karena memang mengakomodir kebutuhan wisatawan mancanegara yang datang ke Gili Trawangan.

Saat akan masuk ke sebuah restoran atau kafe mahal, biasanya akan ada buku menu yang dipajang di depan pintu. Sehingga, kita bisa memperkirakan apakah yang mereka tawarkan sesuai dengan isi kantong kita.

Namun, buat kalian yang liburan ke Gili Trawangan dengan gaya backpacker. Ini waktunya untuk lebih jeli memilih tempat makan. Nggak mungkin kan, Anda liburan tapi nahan untuk tak makan. Apalagi malah hanya makan sereal dan mie instan.

Pasar Malam Gili Trawangan ada saat malam hari. Tempat ini menjual makanan murah mulai Rp 15.000 saja. Bentuknya memang mirip food court. Saat makan di sini, pastikan untuk mencoba makanan laut yang harganya lumayan terjangkau. Atau memilih makanan khas Lombok yang mayoritas halal.

Warung Bambu juga jadi tempat untuk mencari makanan murah di Gili Trawangan. Menu yang disedikan mulai dari bakso, sop, serta makanan rumahan berkisar Rp 17.000 – Rp 30.000.

Warung Sasak begitu menarik untuk jadi jujugan tempat makan karena menyedikan menu-menu makanan khas Lombok seperti nasi ayam lalapan. nasi bajo, dan lainnya. Harganya di atas kedua warung yang saya sebutkan di atas. Tapi masih masuk akal, jika dibandingkan harus masuk kafe dan makan pizza. Tentu saja untuk orang Indonesia tidak mengenyangkan.

Warung Dewi merupakan satu yang terkenal. Lokasinya ada di belakang pasar tradisional Gili Trawangan. Bisa makan ayam taliwang setengah porsi dengan menu-menu lain dan hanya habis Rp 30.000.

Kalau ingin yang murah banget. Kalian bisanya hanya makan nasi bungkus. Menu ini ada di Warung Muslim.

#5 Waktu yang tepat liburan di Gili Trawangan

Saat liburan, kita tak bisa mengesampingkan waktu. Karena dari pemilihan waktu inilah akan berimbas ke biaya serta dampak psikologis untuk Anda.

Untuk yang suka liburan tenang, pasti memilih masa low season. Sedangkan, jika suka keramaian, musim padat pengunjung di Gili Trawangan bukan jadi masalah.

Yang pertama saya akan membahas waktu yang tepat berkaitan dengan padat atau tidaknya.

Bulan Juni sampai Agustus merupakan bulan padat pengunjung. Apalagi masuk ke Oktober sampai akhir tahun. Sedangkan musim sepinya ada di bulan Januari sampai Maret. Sepi disini adalah tidak terlalu padat, sehingga masih nyaman untuk dikunjungi.

Jika dilihat dari kalender Indonesia. Pertengahan tahun menjadi padat karena liburan panjang sekolah. Sehingga bisa mejadi pilihan untuk wisata ke Gili Trawangan bersama keluarga.

Namun, ketika memilih waktu low season pun juga perlu diketahui. Bahwa bulan tersebut, di Januari-Maret, sering terjadi air pasang. Padahal untuk ke Gili Trawangan memang hanya bisa dijangkau dengan transportasi laut. (eh, kecuali Anda cukup punya budget untuk sewa helikopter ya). Karena saya sempat melihat ada lokasi untuk pendaratan transportasi udara tersebut.

Ok… beberapa hal penting sudah saya sampaikan agar Anda bisa memikirkan apa saja yang perlu disiapkan sebelum ke Gili Trawangan. Dan dua poin lagi yang sering dipertanyakan yaitu itinerary liburan dan berapa biaya jalan-jalan ke Gili Trawangan yang harus disiapkan.

#6 Itinerary liburan ke Gili Trawangan 3 hari 2 malam

Yup, saya hanya akan memberi referensi kira-kira apa yang bisa Anda lakukan selama di Gili Trawangan dalam waktu yang singkat. Karena selebihnya jika ingin berlama-lama di sana, mayoritas orang hanya akan bersantai.

Day 1

Pilih jam keberangkatan paling pagi dari Bali atau dari Lombok ke Gili Trawangan. Sehingga bisa melakukan banyak hal selama di pulau tersebut.

Setelah sampai di pelabuhan Gili Trawangan. Silahkan segera mencari penginapan. Untuk mempermudah, sewalah cidomo untuk membawa barang bawaan.

Lalu lanjutkan dengan kegiatan berkeliling pulau. Anda bisa sewa sepeda atau hanya jalan kaki santai.

Saat sore hari, tentu saja jangan sampai lupa menikmati sunset. Lanjut untuk menghabiskan malam dengan keriuhan di beberapa area party di tepi pantai.

Day 2

Anda punya waktu cukup senggang untuk bisa melihat sunrise. Lakukan di hari kedua ini agar tak perlu buru-buru. Setelah itu, jika ingin wisata air, bisa mencari paket tur snorkeling. Agennya bertebaran di Gili Trawangan, sehingga tak perlu susah menemukannya. Pilih yang memiliki testimoni bagus untuk layanannya.

Waktu snorkeling ini biasanya bisa memakan 5 jam. Tim dari travel tersebut akan balik lagi ke Gili Trawangan sebelum sore hari.

Saat sore, lanjut nongkrong untuk makan. Saya merekomendasikan untuk beli pizza. Di sana, pizza dimasak tipis, tak seperti pizza yang sering kita temui di restoran franchise yang rotinya tebal.

Day 3

Ini waktunya berbenah dan packing. Pilih dengan baik, jadwal penyebrangan dari Gili Trawangan. Saya sarankan tak terlalu sore, karena ada kemungkinan untuk dibatalkan jika cuaca tiba-tiba buruk.

Memang, waktu untuk menunggu kapal bisa terasa membosankan. Sembari melakukannya, Anda bisa membeli gelato atau ke beberapa gallery untuk membeli oleh-oleh.

#7 Biaya jalan-jalan ke Gili Trawangan

Sebenarnya biaya hidup selama di Gili Trawangan membutuhkan 2-3 juta rupiah. Ini sudah termasuk sewa penginapan, biaya makan, beli tiket fast boat, dan melakukan aktivitas lainnya. Dengan catatan, Anda tidak memilih gaya mewah selama liburan di sana.

Pada dasarnya, Gili Trawangan merupakan destinasi wisata Lombok Utara yang saya rekomendasikan untuk kalian kunjungi. Apalagi dengan semakin populernya tempat ini, banyak fasilitas yang memudahkan untuk menuju ke sana dan hal-hal menarik yang bisa dilakukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *