Panduan Liburan Ipoh, Malaysia : Makan Ayam Tauge Sampai Narsis Di Mural Art Lane

Hanya gara-gara foto mural yang muncul di salah satu sosial media. Saya mulai mencari tahu tentang Ipoh dan melakukan perjalanan ke sana. Jalan-jalan ke Ipoh pertama kalinya awal Desember 2018 yang meninggalkan rasa jatuh hati pada sebuah hostel dan muncul keinginan punya rumah ideal untuk ditempati saat pensiun.

Haha… rasanya sih nggak nyambung. Tapi begitulah jalan-jalan, pengalaman wisata ke ipoh ini memang lumayan unik karena mendatangkan ide dan cita-cita baru mengenai desain rumah idaman yang homey dan nyaman.

Ipoh letaknya ada di Perak dan sangat terkenal sebagai kota tua penghasil timah. Sebuah desa yang berkembang pesat 1880-an lalu mulai dilupakan hampir seabad kemudian.

Timah Ipoh harganya merosot dan menjadikan tersisih saat itu. Namun, sejarah rupanya mampu membangkitkan pariwisata. Malaysia dengan sigap membawa Ipoh kembali dikenal sebagai kota tua dengan peninggalan arsitektur Inggris, mural, dan kedai kopi yang selalu ramai sepanjang hari.

Pada artikel ini saya akan tentang tempat wisata Ipoh, kuliner yang bisa Anda coba, rekomendasi paket wisata lokal Ipoh, hingga cara bagaimana sampai ke Ipoh dari Kuala Lumpur.

Bagaimana Cara Ke Ipoh ?

wisata-di-ipoh-perak
jalan-jalan-ke-ipoh
Sebagai kota tua warisan Inggris, tentu saja transportasi ke Ipoh tak jauh dari yang namanya kereta. Bisa dibilang meski bekas wilayah jajahan. Inggris mewariskan alat transportasi yang sangat berguna untuk koloninya. Cara saya ke Ipoh dari Kuala Lumpur dengan menggunakan kereta api yang tiketnya saya beli di KL Sentral.

Naik Kereta Dari Kuala Lumpur ke Ipoh

Kota Ipoh punya menjadi unggul di mata Inggris saat negara itu menduduki Malaysia. Kita bisa menjangkau Ipoh dari kuala Lumpur karena sistem kereta api yang sudah dibangun Inggris. Jika Anda ingin bersantai dalam perjalanan, naik kereta api menjadi opsi terbaik yang saya sarankan untuk dipilih.

Kuala Lumpur ke Ipoh naik kereta menjadi pengalaman tersendiri bagi saya yang baru pertama kali naik kereta jarak jauh. Kereta api efisien yang biasa disebut ETS (Electric Train Service) berangkat dari KL Sentral, Kuala Lumpur, berdurasi 2 jam 20 menit. Harga tiket ETS : RM46 (dewasa) & RM27(anak-anak).

Kereta bersih, nyaman, ber AC, dan setiap tempat duduk dilengkapi dengan meja portable yang memudahkan untuk beraktivitas hingga bekerja dengan laptop di dalam kereta.

obyek-wisata-ipoh
main-ular-naga
mural-di-ipoh

Menuju Ipoh Dengan Bus

Mau biaya transportasi ke Ipoh lebih murah ? Solusinya memilih bus untuk liburan ke Ipoh. Rata-rata harga tiket sekitar Rp 70.000 – Rp 150.000 tergantung dari fasilitas dan lama perjalanan. Dari Kuala Lumpur ke Ipoh naik bus? Saya sarankan pergi ke Terminal Bus Bersepadu Selatan untuk membeli tiketnya.

Kota-kota penting seperti Penang dan Melaka pun juga memiliki bus dengan jurusan ke Ipoh. Jadi selama liburan ke Malaysia. Anda bisa merasakan perjalanan dari kota ke kota dengan naik bus.

3 Hal Esensial Terkait Wisata Ipoh

Mural Art Lane – Seni yang bisa kita nikmati di jalanan Ipoh, ketika mengunjungi beberapa gang yang didedikasikan khusus untuk mural. Ipoh juga membranding kotanya dengan mural seperti di Penang. Pembuatan mural tersebut merupakan kerja dari seniman lokal yang sangat kreatif.

Menikmati Arsitektur Ipoh jadi kegiatan menarik, salah satunya berkeliling mengamati bangunan-bangunan tua. Sebagian merupakan toko-toko yang dipakai. Beberapa yang lainnya bangunan kosong. Cat pada tembok bagian luar sudah mengelupas. Bisa jadi memang sengaja tidak dipercantik karena akan mengambil sisi uniknya untuk menampilakan Ipoh dari sisi yang berbeda.

Malaysia, termasuk Ipoh, lekat dengan bangunan peninggalan Inggris. Ipoh Railway Station merupakan satu diantaranya. Tampak dari luar stasiun kereta ini memang megah, dengan kubah putih di bagian tengah atap bangunan. Stasiun karya arsitek Inggris, Arthur Hubbard, terlihat mempesona untuk ukuran stasiun kereta di wilayah Asia Tenggara. Bangunan memanjang karena menyatu dengan sebuah hotel legendaris bernama Majestic Station Hotel. Penginapan bergaya Victoria dan Moor yang waktu itu melayani orang-orang Inggris dimasa jayanya. Sayang, saat ini penginapan dengan arsitektur indah tersebut sudah ditinggalkan.

Ada tiga bangunan peninggalan Inggris yang masih berfungsi sebagai mana mestinya ketika masih menduduki Ipoh. Yang pertama adalah Ipoh High Court atau Mahkamah Tinggi Ipoh. Lagi-lagi Arthur Hubbard yang mendesain dan melengkapinya tahun 1928.

Dua bangunan kuno lainnya yang usianya sudah lebih dari seratus tahun ialah Old Post Office and The Town Hall. Membawa gaya Neo-Renaissance dalam desainnya, dua gedung ini dibuka tahun 1917.

Keempatnya terletak berdekatan dan sangat indah ketika Anda bisa memotretnya saat malam hari.

Yang gemar minum kopi, Ipoh menjadi destinasi wisata Malaysia yang tepat untuk mengeksplorasi kedai kopi, khusunya mencoba white coffee. Jasa migran asal Cina yang memperkenalkan white coffee saat bekerja di tambang timah Ipoh. Mengapa disebut white coffee ? Karena biji kopi dipanggang menggunakan margarine sehingga menghasilkan minuman yang tidak terlalu hitam.

Old Town White Coffee merupakan merek kopi yang sudah mendunia. Brand besar ini memang fokus menggarap white coffee selain memproduksi berbagai olahan kopi lainnya. Jalan-jalan ke Ipoh memanjakan penikmat kopi, apalagi yang hobinya juga nongkrong. Cobalah ke Kedai Kopi Nam Hong, kopitiam. Selain ngopi, bisa sarapan ringan dengan egg tart atau bread toast yang diisi dengan kaya toast.

Rekomendasi lainnya yaitu Dong Cafe On 22 Hale Street. Kedai kopi yang nyaman karena memiliki fasilitas pendingin ruangan. Cocok untuk hang out dalam jangka waktu lama sambil makan nasi kerabu dan bubur cha-cha.

Tempat Wisata & Aktivitas Yang Bisa Anda Lakukan Selama Liburan Di Ipoh

  • Mural di Ipoh –  Ernest Zacharevic membuat landmark di Penang. Begitu pula di Ipoh, ia meninggalkan karya seni berupa delapan mural. Semuanya terinspirasi kebudayaan lokal. Mural-mural lainnya tentu saja dilukis oleh seniman lokal yang semakin membuat Ipoh nampak semarak. Mural Ipoh karya Ernest anatara lain, Old Uncle Drinking Coffee, Kopi Break, A Single Bag Of Coffee, Trishaw, Yello Hummingbird, A Paper Plane, dan Evolution. Letak mural tidak selalu berdekatan.
  • Mengunjungi Concubine Lane dan membeli beberapa produk kerajinan lokal, merupakan aktivitas yang bisa dilakukan selama di Ipoh. Meskipun hanya gang kecil, jalur ini menyimpan sejarah tentang selir seorang kaya di Ipoh.
  • Kunjungan ke Kellie’s Castle. Nama Kellie Castle berasal dari pemiliknya, William Kellie Smith yang membangun kastil ini sebagai tempat berlibur di Ipoh. Pada abad ke-20, lelaki asal Skotlandia tersebut di puncak bukit bekas perkebunan karet.

Kellie merupakan orang kaya yang baik hati dan ramah. Para pekerjanya, yang merupakan orang India selatan sampai dibangunkan pemujaan Hindu. Kastil mulai dibangun tahun 1915, tetapi sebelas tahun kemudian yakni pada 1926 pembangunan terhenti. Kastil ini menjadi salah satu destinasi wisata Ipoh yang dipromosikan pemerintah. Mereka berusaha menyelamatkan bangunan berjasa ini karena sempat terbengkalai karena letaknya di dalam hutan liar.

  • Jelajah museum Ipoh. Mempelajari sejarah timah Ipoh di Museum Han Chin Pet Soo. Sebuah museum yang dulunya merupakan milik penambang bernama Leong Fee. Museum lainnya yang bisa Anda kunjungi yaitu Ho Yan Hor Museum sebagai bentuk penghormatan pada Dr Ho Kai Cheong, seorang yang berjasa pada pengembangan teh herbal.
  • Ipoh Cave Temples – Ipoh juga terkenal dengan wisata alam dan rohaninya. Kunjungan ke beberapa goa yang dipergunakan untuk ritual keagamaan umat Budha & Taoisme.

Perak Tong Cave Temple yang paling sering dikunjungi. Meski menjadi tempat keagamaan, rupanya lumayan            banyak wisatawan yang berlainan agama menjadikan gua ini sebagai tujaun wisata. Keunikan dari gua        peribadatan ini ialah patung Budha setinggi 120 meter dilengkapi dengan beberapa lukisan pada bebatuan.

Gua lainnya yang bisa Anda kunjungi yaitu Sam Poh Tong Temple, Ling Sen Tong Cave Temple, Kwan Yin Tong  Temple yang dipruntukkan bagi Dewi Kwan Im. Serta Kek Long Tong Cave Temple yang indah.

  • Mengikuti Ipoh Private Heritage Day Tour – Ingin bepergian ke Ipoh tapi lebih praktis ? Saya anjurkan mengikuti rangkaian perjalanan sehari untuk mengunjungi beberapa lokasi wisata di Ipoh. Aktivitas ini memang padat dan cocok untuk Anda yang punya rangkaian liburan di Malaysia dalam waktu singkat

Itinerary Ipoh 3 Hari 2 Malam

3 hari rasanya sangat cukup untuk bisa menyelesaikan perjalanan selama di Ipoh. Tidak banyak tempat wisata spektakuler yang bisa Anda sambangi dalam waktu lama. Namun, kunjungan ke Ipoh tetap perlu dilakukan karena kita bisa mempelajari bagaimana perkembangan sebuah kota yang sempat dibangun oleh Inggris ini.

Hari 1

Saya sarankan sudah berada di Kuala Lumpur sebelumnya. Itinerary 3 hari 2 malam ini khusus untuk perjalanan ke destinasi wisata Ipoh saja. Ada baiknya tentukan dulu berapa lama liburan di Malaysia. Misalnya selama satu minggu termasuk kunjungan ke Kuala Lumpur.

Hari pertama, pilihlah kereta paling pagi dari KL Sentral, Kuala Lumpur ke Ipoh. Beli tiket kereta secara online agar tidak tergesa-gesa dan bisa mencari diskon untuk mendapatkan harga lebih terjangkau.

Ketika berangkat dengan kereta pagi, Anda bisa menghemat banyak waktu di perjalanan, sehingga bisa menikmati Ipoh sebelum makan siang.

Sesampainya di stasiun kereta Ipoh. Jangan hanya meninggalkan stasiun begitu saja. Ambillah beberapa foto sekaligus menjadi kenang-kenangan, karena bangunan ini begitu bersejarah. Jika cuaca mendukung dan ingin jalan-jalan sebentar sebelum waktu check in hotel.

Menyebrang jalan dan sedikit mengeluarkan tenaga untuk berkeliling melihat-lihat bangunan tua. Bahkan Anda bisa menghabiskan waktu sembari makan siang di Old Town White Coffee.

– Siang Hari

Setelah makan siang, lanjutkan dengan makan
wisata-kuliner-ipoh-enak

Kuliner Ipoh Yang Wajib Dicoba

Menurut saya, tiap kota di Malaysia memiliki kuliner yang sengaja diunggulan untuk menarik wisatawan. Di Ipoh, ayam tauge sangat terkenal dan selalu menjadi menu utama di restoran.

Buat orang Indonesia, ayam tauge rasanya memang biasa, tetapi namanya Malaysia selalu punya cara agar tetap membuat turis terkesima dengan rangkaian keunikannya.

Dan wisata kuliner sering membuat orang rela menjelajah. Kuliner juga menjadi pelengkap perjalanan. Saat pergi wisata ke Ipoh, cobalah makanan-makanan khas lokal. Mungkin beberapa bisa dijumpai di kota tempat Anda tinggal. Namun, pengalaman makan dan ciri khasnya tentulah berbeda. Berikut referensi makanan khas Ipoh :

  1. Taugeh Chicken Rice.
  2. Hakka Mee.
  3. Salted Chicken
  4. Assam Laksa Ipoh
  5. Tau Fu Fah
  6. Dimsum
  7. Curry Mee
  8. Caramel Egg Custard
  9. Gai Se Hor Fun
  10. Tong Su Kai
  11. Popiah
  12. Wantan Mee
  13. White Coffee

Semoga panduan wisata ke Ipoh yang saya tulis bisa membantu untuk memudahkan rencana perjalanan ke sana.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *