Bawa Pulang 13 Oleh-Oleh Khas Solo Untuk Buah Tangan Buat Keluarga Dan Teman

Oleh-oleh khas Solo dari manis sampai gurih – Bukan cuma makanan beratnya yang enak. Kuliner Solo juga menawarkan oleh-oleh makanan yang tak kalah nikmat untuk dibawa sebagai buah tangan.

Perlu menganggarkan budget untuk membeli cemilan enak ini ketika liburan ke Solo, sehingga buat yang sudah kekenyangan makan nasi liwet atau timlo solo, masih bisa merasakan makanan tradisional khas Solo di rumah.

Aneka Oleh-Oleh Khas Solo Yang Manis Dan Gurih

1. Serabi Notosuman

Orang Solo menyebutnya serabi, bukan surabi, seperti kuliner Bandung.

Serabi khas Solo dibuat dari tepung santan dan gula. Versi orisinil yang sering dijual hanya 2 macam yakni serabi tanpa toping dan serabi dengan taburan meises coklat.

Jangan salah ketika makanan serabi polos, rasanya pun sudah sangat enak karena santannya gurih sekali terkumpul di bagian atas.

Catatan bagi yang ingin membeli serabi Solo, wajib mencoba serabi Notosuman. Merek ini sudah bertahan puluhan tahun dan menjadi serabi paling terkenal. Generasi penerusnya menjaga resep agar terus otentik seperti zaman dulu.

Sayangnya, serabi notosuman bukan makanan yang bisa bertahan lama. Jika Anda naik pesawat, membawa serabi notosuman ke tempat tujuan masih masuk akal.

Tetapi jika perjalanan Anda lebih dari enam jam, rasanya kurang tepat untuk membawa serabi notosuman sebagai oleh-oleh.

2. Rambak Petis

Selepas wisata ke Solo, jangan lupa membawa rambak petis. Rambak yang terbuat dari kulit sapi digoreng kering mirip dengan kerupuk.

Rasa rambak begitu gurih dan memiliki sedikit rasa pedas. Cemilan ini cocok dimakan dengan petis sebagai sambal cocolannya.

Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Solo berupa rambak petis, bisa langsung datang ke tempat produsennya yaitu di Kampung Jagalan, Jebres, Solo.

3. Bakpia Balong

Jika Jogja punya bakpia dengan aneka macam isi. Solo juga memiliknya. Jangan lupa untuk mencoba bakpia balong. Bakpia ini juga jadi salah satu cemilan tradisional favorit saya.

Sejak kecil, saya sering dibelikan oleh orang tua satu plastik bakpia yang isinya 5 bakpia.

Memang, ukuran bakpia Solo jauh berbeda dengan bakpia Jogja. Bakpia Solo memiliki ukuran empat kali lebih besar dengan kulit yang lebih renyah.  Sehingga isian dari pia nya juga lebih banyak.

Saat ini bakpia balong dikemas dalam ukuran single, alias satu bakpia diberi kemasan plastik sendiri.

4. Brem Solo

Brem Solo memang khas karena berbentuk bulat dengan tekstur yang padat. Brem Solo cenderung lebih manis jika dibandingkan dengan brem Bali maupun brem Madiun.

Brem merupakan sari ketan yang dimasak dan dikeringkan. Endapan air ketan hitam tersebut didiamkan selama sehari semalam untuk mendapatkan tekstur padat.

5. Abon Mesran

Tak hanya sebagai oleh-oleh Solo, abon Mesran sebenarnya bisa dimakan sebagai lauk nasi.

Abon Mesran memiliki dua varian yaitu abon daging sapi dan abon daging ayam. Selain dua bahan pembuatnya, terdapat juga pilihan rasa yaitu rasa abon manis dan pedas.

Baca juga : Berburu Jajanan Di Pasar Gede Solo.

6. Srundeng

Selain klengkam kentang, abon mesran, ada lagi oleh-oleh khas Solo yang juga cocok dijadikan sebagai lauk. Serundeng atau kelapa parut yang dibumbui memiliki rasa lebih gurih.

Serundeng ini merupakan produk lain dari abon Mesran yang bisa didapatkan di Sentra Oleh-Oleh Mesran tepatnya di Gandekan Kiwo, Solo.

7. Ampyang Kacang

Makanan Solo memang cenderung manis. Jika menemukan beberapa cemilan yang sering diselimuti gula. begitu pula dengan ampyang kacang.

Kacang tanah dimasak hingga empuk kemudian diberi balutan gula jawa yang cukup banyak.

8. Roti Ganeps

Oleh-oleh khas Solo yang sudah sangat melegenda yaitu roti kecik Ganep. Pasangan Tjang Tiang San dan Auw Like Nio merupakan pendiri sebuah toko roti yang juga merupakan perusahaan roti keluarga sejak tahun 1881.

Nama Ganep diberikan oleh Raja Surakarta Sinuhun Pakubuwono X karena memiliki filosofi yang bagus. Ganep artinya sehat, utuh, waras, dan lengkap.

Sejak berdiri roti Ganep memproduksi roti kecik yang terbuat dari tepung ketan dan menjadi produk unggulan sampai saat ini.

Tak hanya roti kecik saja, saat ini Ganep yang dalam kemasannya memiliki tambahan s menjadi Ganeps juga memproduksi kue kering, kue smeer kering, kue garut, bolu kering, stik crackers, dan lainnya.

Beberapa roti basah seperti roti santen, mandarin, bolu, dan cake juga ada.

Toko Roti Ganeps sendiri sudah menjadi pusat oleh-oleh khas Solo karena juga menawarkan makanan tradisional lain seperti rambak, peyek, ampyang, maupun intip.

Alamat Toko Roti Ganpes ada di Jl. Sutan Syahrir No.176, Setabelan, Banjarsari, Solo. Buka pukul 06.00 – 21.00 WIB.

9. Abon Gulung Floss Roll Solo & Kue Nastar Balok

Floss roll menjadi oleh-oleh khas Solo terbaru yang ramai menjadi buah tangan serta bingkisan makanan.

Dibuat dan dikemas secara kekinian. Sesuai dengan namanya, roti gulung berisi abon sapi atau ayam.

Dengan produsen yang sama. Floss roll Solo yang sudah menjadi pionir pembuat abon gulung khas Solo, menambah produknya dengan kue nastar. Sedikit berbeda bentuk dengan nastar kebanyakan yang ukurannya mini.

Kue nastar yang diproduksi berbentuk balok, sehingga disebut kue nastar balok.

10. Roti Mandarijn

Kue yang sangat melegenda dan memiliki tekstur yang pulen. Boleh dibilang kalau makan kue mandarin nggak terasa bisa habis hampir setengah box sendiri.

Kue mandarin sudah ada sejak tahun 1930 dan menjadi kue yang identik dengan Solo. Varian roti mandarijn pun semakin beragam dengan toping kismis maupun almond. Jika tertarik, langsung datang ke Toko Orion yang menjadi penjual roti mandarijn asli.

Roti mandarin juga menjadi snack yang sering dihidangkan pada acara pernikahan dengan konsep piring terbang. Teman sajiannya yaitu sosis solo.

11. Serbat Jahe

Serbat jahe merupakan minuman penghangat tubuh. Saat ini kemasan serbat jauh lebih modern dan berisi sekitar 10 bulatan besar rempah-rempah dan jahe yang dipadatkan.

Serbat jahe sangat terkenal karena diseduh dengan air panas, sehingga praktis untuk dikonsumsi.

Mendapatkan serbat jahe di kota Solo pun mudah karena tinggal mencari pusat-pusat oleh Solo atau di pasar tradisional.

Sebagai info saja, untuk iseng-iseng mengkonsumsi serbat jahe bisa juga selayaknya permen dengan mempotek sedikit bagiannya. Namun, jangan heran ya kalau dimulut langsung terasa meledak rasa rempah dan pedas jahenya.

12. Klengkam Kentang

Bahan makanan yang terbuat dari kentang tentu saja selalu enak. Solo punya caranya sendiri mengolah kentang menjadi cemilan yang juga bisa sekaligus untuk lauk.

Mengolah kentang menjadi keripik kentang yang kemudian diberi bumbu gula jawa dan rempah.

13. Intip Manis dan Intip Asin

Saya salah satu penggemar intip manis. Dulu, cemilan ini merupakan proses untuk mengolah kembali nasi yang gosong atau yang menempel pada kendil.

Sebelum rice cooker populer, orang-orang masih menggunakan kendil sebagai salah satu langkah untuk memasak nasi. Ketika lupa mengaduknya, maka gumpalan beras akan menempel pada dasar kendil dan lengket.

Gumpalan beras ini disebut intip. Intip asli biasanya tidak berbentuk. Bisa berupa beberapa gumpalan tipis atau besar.

Lalu intip tersebut dijemur sampai kering, kemudian digoreng kembali. Intip menjadi cemilan yang enak jika cara mengolahnya tepat, begitu pula saat menggorengnya.

Namun, dengan berkembangnya zaman dan intip menjadi komoditas pariwisata untuk semakin memperkenalkan Solo. Maka intip yang biasa dijual, memang sengaja dibuat. Bukan lagi dari beras sisa karena kesalahan dalam menanak nasi.

Cara pembuatannya sama, tetapi dengan tujuan disengaja. Beras yang setengah matang sengaja ditempelkan pada dasar kendil dan dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk seperti mangkuk besar.

Kemudian dikeringkan dan digoreng.

Sampai saat ini, intip memiliki dua varian yaitu asin dan manis. Rasa asin dengan menabur sedikit garam pada bagian atasnya, sedangkan manis dengan menaburkan cairan gula jawa hingga mengeras sebagai topping intip.

Referensi Pusat Oleh-Oleh Solo Yang Mudah Dijangkau

Berikut ini ada beberapa tempat yang bisa Anda sambangi untuk membeli oleh-oleh Solo berupa makanan ataupun buah tangan lainnya.

Pasar Klewer Solo 

Pusat batik di Solo dan di lantai paling atas menjual berbagai macam cemilan Solo yang awet dan tahan lama.

Pusat Oleh-Oleh Makhuto Solo

Jl. Dr Radjiman No.569, menjual makanan ringan dan cemilan tradisional Solo.

Pusat Oleh-Oleh Khas Solo GajahMada

Jl. Gajahmada No.137

Era Jaya, Pusat Oleh-Oleh Khas Solo

Jl. Gatot Subroto No.132, Jayengan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *