3 Penyebab Mutiara Bisa Murah Dan Mahal

Mutiara jadi souvenir khas Lombok yang sudah sangat populer. Berkunjung ke Lombok tanpa membawa pulang mutiara rasanya tidak lengkap. Jika tidak punya banyak uang, membeli mutiara yang harganya murah juga tidak jadi masalah.

 

Seperti saya, yang merasa cukup membeli beberapa butir mutiara Lombok yang harganya tak lebih dari Rp 50.000,-. Meski murah, mutiara ini asli.

 

Nah sebenarnya apa yang membedakan mutiara memiliki harga mahal serta faktor apa saja yang membuatnya menjadi murah.

 

Ternyata ada banyak sekali alasan yang membuat suatu barang atau souvenir dihargai sangat tinggi. Salah satunya yaitu waktu pembuatannya.

 

Waktu Pembentukan
Poin pertama dan utama yang membuat sebutir mutiara sangat bernilai yaitu durasi pembentukannya. Mutiara yang harga murah biasanya berasal dari mutiara air tawar. Pembentukannya disengaja dan didesain dengan durasi serta cara tertentu.

 

Mutiara air tawar dibudidayakan dalam sebuah tambak yang proses pembuatannya dalam jumlah ratusan bahkan puluhan ribu butir. Waktunya lebih singkat, biasanya hanya dalam waktu tiga bulan. Sudah bisa dipastikan tidak semuanya berhasil sempurna.

 

Ada sebagian mutiara air tawar yang tidak berhasil. Tapi tetap saja, jumlahnya yang dihasilkan bisa diprediksi. Sudah sewajarnya jika harga mutiara air tawar bisa sangat murah karena dibuat secara masal.

 

Berbeda dengan mutiara air laut yang membutuhkan waktu pembentukkan lebih lama. Mutiara ini juga dibisa dibudidayakan di air laut. Tapi tidak bisa dalam jumlah banyak. Pembentukannya tetap secara alami, dimana kerang perlu waktu berbulan-bulan untuk pembentukan mutiara hingga warna yang dihasilkan juga dipengaruhi lingkungan sekitar.

 

Bentuk Mutiara
Mutiara berbentuk bulat meraih posisi paling baik dengan harga jual paling tinggi. Bentuknya bulat sempurna, tanpa cacat, tidak ada penyokan, atau sedikit lonjong. Benar-benar bulat. Mutiara air tawar dan air laut memiliki harga tinggi di kelasnya masing-masing jika berbentuk bulat.

 

Mutiara air tawar yang berbentuk bulat bisa dihargai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Apalagi yang mutiara air laut, harganya semakin mahal.

 

Warna Mutiara
Faktor lain yang menentukan harga mutiara yaitu warna mutiara itu sendiri. Biasanya kita mengenal mutiara berwarna putih. Tapi ada juga mutiara warna merah muda, pecah, abu-abu, kuning susu, bahkan hitam. Apa yang mempengaruhinya ?

Proses produksi mutiara menentukan warna mutiara yang dihasilkan. Pembentukan warna mutiara air tawar bisa dengan campur tangan manusia. Pewarna disuntikkan ke dalam kerang. Sehingga mutiara yang dihasilkan kerang dapat sesuai dengan keinginan petani mutiara.

 

Pada mutiara air laut. Pewarnaan berlangsung secara alami. Hal ini yang menentukan harga mutiara menjadi mahal. Tiap kerang menghasilkan warna yang berbeda-beda dan tidak sama. Meski menghasilkan warna pink. Kadar merahnya sangat beragam.

 

Meski mutiara air laut dibudidayakan dalam durasi yang sama. makanan yang dikonsumsi kerang, kesehatan, serta lingkungannya sangat berpengaruh terhadap warna mutiara yang nantinya dihasilkan.

 

3 hal paling utama tadi sangat menentukan harga sebutir mutiara. Mutiara air laut, berbentuk bulat, dengan diameter besar, dan warna yang unik dijual dengan harga yang sangat tinggi.
Membedakan Mutiara Palsu dan Asli

Bagaimana pembeli pemula bisa membedakan mutiara asli dan palsu ?

Penjual mutiara di Pasar Seni Senggigi membagi tips sederhana agar tidak tertipu saat membeli mutiara. Ada beberapa cara untuk melakukannya, antara lain :

1. Bakar mutiara dengan korek api

Awalnya saya khawatir mutiaranya akan jadi gosong. Ternyata tidak. Mutiara asli dapat dibakar (dalam          waktu      sebentar) untuk membuktikan asli atau palsu. Tak banyak bicara, penjual tadi mempraktekannya di depan            saya. Mutiara air tawar maupun air laut saat dibakar tidak akan meleleh.

Sedangkan mutiara palsu biasanya terbuat dari plastik, sehingga dengan uji coba ini sudah cukup untuk mengetahui keaslian butiran mutiara.

2. Mengigit mutiara

Cara ini juga bisa digunakan untuk mengetahui mutiara yang akan Anda beli. Gigit dan gesek dengan gigi. Jika Anda merasakan butiran pasir, bisa dipastikan itu mutiara asli.

3. Kilau

Ini cara terakhir dan paling susah. Jika sudah bisa membuktikan mutiara asli atau palsu. Terakhir yang diperlukan yaitu membedakan mutiara air tawar dan air laut. Faktor penentu yaitu dari kilaunya. Tapi untuk membedakan kilau tersebut membutuhkan jam terbang tinggi serta mempelajari detil-detilnya. Jangan sampai sudah membayar dengan harga tinggi untuk mutiara air laut, ternyata yang didapatkan hanya mutiara air tawar.

Di Lombok, mutiara air laut dijual bukan per butir. Tapi per gram, sama seperti emas. Rata-rata mutiara air laut per butir dimulai dengan harga dua juta rupiah.

Semoga ulasan tadi bisa membantu dan memberi informasi tentang mutiara sebelum membelinya.

Incoming search terms:

  • tips menjual mutira sangat mahal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *