Kerja Di Kognitif Coffee Shop & Co-Working Space, Solo

Untunglah zaman telah maju. Saat ini kerja pun tak harus selalu di kantor. Bagi saya yang sudah memulai kerja dari rumah, harus pintar-pintar menjaga mood agar terus bersemangat untuk menyelesaikan tugas dan target.

IMG-20200120-185235
Selain untuk kerja, Kognitif juga sebagai tempat nongkrong anak muda.

Kadang di rumah, kadang nebeng ke kediaman orang tua, atau saat bosan saya bisa melipir ke co-working space di Solo yang sering dikunjungi oleh mahasiswa, maupun penyuka kopi.

Kelebihan Kerja Di Co-Working Space

Kreativitas merupakan faktor penting dalam bekerja. Coba bayangkan, jika Anda melakukan sesuatu di tempat yang sama secara terus menerus dalam jangka waktu bertahun-tahun. Yang ada bosan, malah bisa membuat ide kreatif sulit muncul.

Menurut saya, dengan memilih bekerja di co-working space, ide dan kreativitas bisa muncul lebih banyak, karena bertemu dengan orang yang berbeda. Motivasi sosial ini yang membuat saya berminat untuk sekali-sekali memindahkan ruang kerja dari rumah ke co-working space. Saya pun bisa bergaul dengan lebih banyak orang(bisa saja dari industri yang sama ataupun berbeda), dapat menjalin pertemanan baru serta kolaborasi yang saling menguntungkan.

Co-working space memang jadi solusi untuk membuat orang-orang yang sudah terbiasa kerja dari rumah seperti saya, untuk memisahkan kehidupan kerja dan kegiatan pribadi. Sering kali dua hal ini tercampur dan membuat tidak fokus. Bahkan bisa berat sebelah. Contohnya, merasa sudah bisa kerja di rumah, kita bisa bekerja seharian tanpa menyelesaikan pekerjaan rumah. Atau sebaliknya, terlalu santai dan mengesampingkan pekerjaan yang harus diselesaikan.

Selain hal yang saya sebutkan di atas, keuntungan memilih bekerja di co-working space sebagai alternatif tempat bekerja yaitu hemat secara finansial, jika dibandingkan harus menyewa gedung untung kantor, membayar internet, listrik, dan lainnya.

Tentang Kognitif  Coffee Shop & Co Working Space

Sejak 15 tahun lalu, saya sering lewat di  Jl. A.R. Hakim No. 63, Jebres, Surakarta. Lokasinya dekat dengan SMP saya, sehingga setiap pulang sekolah, saya menjadikan jalan tersebut salah satu rute untuk pulang.

ruang-kerja-di-co-working-space
Area ini yang lebih sering saya pilih ketika berkunjung ke Kognitif. Dan ada meja untuk meeting kecil hingga 4-6 orang.
co-working-space-di-solo
Kerja santai bisa dilakukan di area ini.

Co-workingspace ini memang tampak sederhana dari luar. Memanfaatkan rumah, letaknya sangat strategis karena berada di pinggir jalan. Kognitif buka mulai siang hari sampai malam. Area parkirnya tak terlalu luas, sehingga ini menjadi salah satu kekurangan co – working space & coffee shop ini. Kan tidak semua orang yang berkunjung selalu bekerja. Bahkan ada juga yang hanya nongkrong atau memanfaatkan fasilitas wifi yang tersedia di sana, sambil ngopi.

Karena menggunakan rumah sebagai tempat operasional. Kognitif memiliki beberapa sekat untuk memisahkan beberapa area. Saya akan mengkategorikannya menjadi tiga :

  1. Area Santai : area ini sepertinya merupakan garasi dan bagian dalam rumah yang disulap menjadi tempat membuat kopi, tempat kasir, dan lesehan untuk bekerja. Saya perlu menyoroti bagian tempat kerjanya yang lebih cocok digunakan untuk belajar bersama. Area ini lebih layak digunakan untuk para mahasiswa yang ingin berdiskusi karena tempat duduknya menggunakan bantal-bantal dan lebih santai. Di area yang sama, juga terdapat satu meja dengan empat kursi untuk pengunjung yang ingin lebih serius dalam beraktivitas, misalnya dengan laptop yang dibawa.
  2. Area Semi Formal : Area ini berseberangan dengan meja kasir. Dipisahkan tembok, yang mana tempat tersebut sepertinya bagian tengah dari rumah. Meski tidak begitu luas, terdapat lima meja yang ada di sana. Di area inilah, biasanya saya nongkrong sambil menyelesaikan beberapa pekerjaan. Meskipun menggunakan rumah, coffe shop sekaligus co-working space ini sudah direnovasi sehingga tampak lebih modern dan menggunakan interior yang sederhana tapi kekinian.
  3. Area Teras : Untuk space satu ini, memang dikhususkan bagi mereka yang mau merokok. Ada sekitar tiga atau empat meja dilengkapi bangku.
kognitif-coffee-shop-amp-coworking-space
Lukisan yang dibuat untuk menyamarkan instalasi listrik.

kerja-di-co-working-space

Advantages And Disadvantages

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin menghabiskan waktu untuk bekerja di Kognitif Coffee Shop & Co-Working Space.

Keunggulan :

  • Tempat ini tidak terlalu luas, tetapi memberikan ketenangan dan suasana kerja yang nyaman.
  • Harga minuman lumayan terjangkau dan kopinya pun enak.
  • Letaknya strategis sehingga mudah ditemukan.
  • Pegawainya ramah dan sangat kooperatif.

Kekurangan :

  • Untuk yang ingin melakukan pertemuan dalam jumlah besar, tempat ini tidak begitu cocok.
  • Area parkir tidak terlalu luas.
  • Menu snack & makanan kurang beragam, bahkan sering habis.
  • Perlu menambah koleksi majalah atau buku sehingga bisa membuat pengunjung lebih betah berlama-lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *