Kek Lok Si Temple : Harapan Yang Disampaikan

Rupanya sebuah tempat ibadah tak hanya mentok menjadi tempat doa. Lebih dari itu, yang namanya tempat ibadah kini hadir sebagai daya tarik wisata dan bagaimana mengenal  tujuan tempat liburan lebih dekat lagi. Mengetahui tentang warganya dan keyakinan apa yang berkembang di daerah itu.

Malaysia sebagai negara yang mayoritas penduduknya muslim.  Mampu berdampingan dan mencitrakan negaranya dalam diversity yang kental. Keberagaman inilah yang mampu mendatangkan banyak wisatawan ke negeri tetangga itu entah untuk mencoba kuliner, wisata budaya, atau mengunjungi tempat peribadatan di sana.

Berbicara soal tempat ibadah, buat saya tak melulu harus mengunjungi tempat yang sesuai dengan keyakinan saya. Ketika saya pergi ke sana, hal yang paling ingin saya ketahui yakni seberapa keren arsitektur dan detil bangunan yang sudah lama digunakan warga sekitar.

Sama ketika ke Penang tahun 2018. Kek Lok Si Temple tentu saja menjadi salah satu tujuan wisata Penang yang saya datangi. Kuil Budha ini sudah cukup tua. Pembangunannya membutuhkan waktu 40 dari 1890 – 1930. Patung Dewi Kwan Im merupakan magnet dan ikon yang ada di Kek Lok Si. Letaknya di bagian paling atas dari kompleks bangunan. Padahal Kek Lok Si sendiri terletak di perbukitan Air Itam, Penang. Berada di sana, tak lain seperti melihat hamparan pulau Penang yang beriringan antara alam dan modernitas.

Hanya perlu satu setengah jam naik bus dari George Town menuju Kuil Kek Lok Si di Penang. Naik bus rapid Penang yang tarifnya murah dan praktis untuk membawa saya dan Rudy ke tempat wisata terkenal yang ada di pulau terpisah dari Semenanjung Malaysia. Menunggu bus datang, berbaur dengan masyarakat sekitar yang sama-sama menggunakan transportasi umum.

kuil kek lok si di penang
Pintu depan menuju kompleks Kek Lok Si Temple, Penang.

Suasana di Kek Lok Si Temple

Meskipun tempat ibadah bagi umat Budha, kuil ini membuka tangan lebar-lebar bagi wisatawan beragama lain yang ingin mengunjunginya. Saya perlu menyusuri keramaian pasar dan melalui jalanan menanjak menuju lokasinya.

Dari atas Kek Lok Si memang sangat meneduhkan. Melihat ke bagian luar kuil, hamparan perbukitan yang hijau sangat kontras dengan beberapa  rumah susun yang dibangun tak jauh dari sana. Begitu pula, tower-tower apartmen yang jaraknya berkilo-kilometer menunjukkan lokasi perkotaan yang dekat dengan aiport.

Di gedung utama bagian bawah digunakan sebagai tempat sembahyang. Saya melihat banyak umat Budha yang menyempatkan diri untuk datang ke sini. Bisa jadi mereka wisatawan dari daerah Asia Timur. Mereka melakukan rangkaian pendek doa dari luar gedung dengan mengambil dupa.Ada yang tak menyempatkan diri untuk masuk. Tetapi ada pula yang secara khusyuk beroda di depan altar dalam waktu beberapa menit.

Saya terkesima dengan detil kemegahan Kek Lok Si Temple di bagian dalam. Patung Budha dengan lapis emas dalam ukuran besar diletakkan di altar bagian tengah. Sedangkan pada sisi tembok-temboknya terdapat patung Budha ukuran mini yang menempati ceruk-ceruk khusus. Ada ratusan patung yang menyelimuti seluruh tembok di ruangan itu.

Langit-langit bangunan memiliki lukisan yang didominasi warna merah, hijau, kuning, dan biru. Lukisan yang sangat detil sekaligus menyertakan beberapa kisah tertentu di tembok  bagian atas yang dekat dengan langit bangunan.  Bau lilin terbakar tercium hingga ke dalam, begitu pula dengan dupa. Menemani ketenangan di siang hari yang terik itu, bersama puluhan peziarah yang datang silih berganti. Dan juga para wisatawan yang juga ingin melihat kemewahan kompleks Kek Lok Si Temple di Air Itam, Penang.

wisata penang murah
Kotak untuk meletakkan pita berbagai warna.

Baca juga : Pengalaman ke Candi Bayon. 

Berbagi Lewat Wishing Ribbon

Wishing Ribbon atau pita harapan dalam berbagai warna tergantung di ranting pohon palsu yang sengaja diletakkan di ruangan yang sama. Bukan hanya sekedar menggantungkan sebuah pita. Sesuai dengan namanya, ada maksud di balik pita-pita itu. Dengan harga Rm 1 per pita, siapa yang membelinya berarti mendonasikan sebagian uang untuk kegiatan amal.

Saya pikir berbuat baik pun tak mengenal etnis atau keyakninan tertentu. Lagian, saya berfikir positif, bahwa bantuan ini yang dikumpulkan dari semua pembeli wishing ribbon akan disalurkan ke orang yang tepat. Apa pun latar belakang mereka. Jadi, tak ada salahnya sambil menanam kebajikan dan berbagi. Saya pun ikut bersenang-senang berafirmasi pada hal yang saya inginkan.

wisata penang hill
Cita-cita dan harapan yang dituliskan.

penang hill malaysia

wisata penang murah
Tuliskan harapanmu, agar lekas terlaksana.

Wishing Ribbon

Ada sekitar dua puluh an wishing ribbon dengan berbagai warna. Tiap-tiap warna menempati sebuah laci khusus yang disebelahnya berupa tempat untuk menyerahkan donasi. Saya tak fasih berbahasa Cina atau membaca hurufnya. Di mana setiap harapan baik tertulis di pita-pita tersebut. Untungnya, di setiap kaca tempat wishing ribbon terdapat keterangan dalam bahasa Inggris.

Tak hanya saya, tetapi semua orang yang di sana hampir memiliki keinginan yang sama. Punya pengharapan baik akan masa depan yang berkaitan dengan kehidupan pribadi dan keluarga. Saya mengambil tujuh terbaik dari seluruh harapan yang tertulis pada pita. Mengambil tujuh karena saya mendonasika n RM 7, sekaligus memang 7 jadi angka favorit. 😀

Lalu, tangan saya tergerak menuliskan nama sendiri dan suami di atas semua pita. Tentu saja dengan cita-cita besar, yang kami inginkan terwujud dalam waktu dekat.

Setiap orang bebas memilih harapannya. Ibarat ingin memberikan prioritas dalam semua impian. Saya memilih tujuh yang paling utama dan memiliki keterikatan sangat kental. Sayangnya, ada satu  pita warna putih dengan ucapan baik yang stoknya sudah habis. Pita itu memiliki pesan tentang keutuhan keluarga. Laci untuk pita putih sudah kosong. Artinya, memang sebagian besar orang akan selalu punya cita-cita agar keluarga mereka utuh, bersatu, rukun, dan bahagia.

Saya kehabisan pita putih ? Tak apa, bukan berarti keluarga saya di kemudian hari mengalami sesuatu yang mengenakan. Wishing ribbon are for fun. Tak kehilangan akal, saya pun mencari pita lain yang memiliki harapan yang hampir mirip.

Dua hal paling penting yakni kebahagiaan dan kesehatan. Keduanya perlu hadir bersamaan, karena bahagia akan hadir ketika kita sehat. Begitu pula, kesehatan kita terjamin baik, saat kita mampu mengendalikan pikiran dan selalu merasa bahagia.

Lanjut pada harapan apa yang kami inginkan tercapai, karir yang bagus, usaha yang berkembang pesat, dan kesejahteraan. Tentunya keenam hal sebelumnya lebih lengkap ketika bisa dinikmati bersama, baik dengan pasangan maupun anggota keluarga lainnya.

Ngomong-ngomong soal harapan. Pernah kah kalian menyampaikan harapan dalam tulisan agar semua impian segera terwujud dan bisa dinikmati sampai akhir hayat ?

 

Follow me,

IG : @citranurmi

Steller : citranurmi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *