pulau gili trawangan

 

Ke Lombok rasanya nggak lengkap tanpa mampir ke Gili Trawangan. Pulau terbesar dari 3 pulau kecil yang ada di barat laut Lombok ini jadi jujugan wisatawan mancanegara selain pulau Bali. Beberapa daftar kegiatan ini bisa membantu untuk menghabiskan waktu liburan di Gili Trawangan

gili trawangan sunrise

Sunset dan Sunrise Cantik Gili Trawangan

Duh kalau ke tempat wisata yang ada pantainya. Sayang sekali melewatkan sunrise dan sunset. Jangan bangun siang pas liburan. Saya rela bangun pagi-pagi tanpa mandi lalu datang ke pelabuhan Gili Trawangan. Memang nggak mengecewakan kuningnya matahari terbit. Plus melihat siluet sebagian Pulau Lombok dari kejauhan. Yang hobi motret, pasti dapat obyek menarik.

Nggak cuma sunrisenya yang cantik. Sunset di Gili Trawangan jauh dari mengecewakan. Saya rela mager dari sore, duduk-duduk di tempat yang sepertinya bekas restoran. Nunggu lebih dari sejam, santai-santai main di pantai sambil ngelihatin pasangan bule yang asyik mesra-mesraan.

Penantian saya nggak mengecewakan, sunsetnya kuning merekah. Gunung Agung di Pulau Bali juga terlihat seperti pucuk tumpeng berwarna hitam. Jangan sampai beranjak, saya bahkan menunggu sampai matahari benar-benar tenggelam di barat. Saran saya, menghabiskan lebih dari sejam untuk sunset bukan soal sulit. Di belakang tempat tongkrongan wisatawan itu ada bukit yang bisa dijelajahi.

berjemur di gili trawangan

Berenang

Liburan di Gili Trawangan sudah pasti harus berenang. Buat yang jago renang. Tapi yang kemampuan renangnya biasa aja, cukup main air di bagian yang cetek atau berjemur. Sekedar basah-basahan di tepi pantai juga menyenangkan. Jika nekat di siang hari tentu saja sangat panas. Kecuali memang ingin menghitamkan kulit. Kalau saya lebih memilih bermain air pas sore hari.

Makan-makan di Pasar Malam

Fasilitas Gili Trawangan sudah sangat baik. Banyak kafe dan restoran yang harganya biasa sampai agak mahal. Buat saya yang budget liburannya tidak banyak. Wisata kuliner di pasar malam Gili Trawangan jadi pilihan pas. Letaknya dekat dengan pelabuhan. Areanya yang hanya seluas lapangan badminton ini ramai dikunjungi wisatawan. Terutama backpacker baik bule atau pelancong lokal.

Harganya terbilang murah untuk porsi yang luar biasa. Lapaknya hanya meja-meja yang berjejer dan ditunggui pedagang. Ada yang berjualan sate, bakso, cemilan atau kue-kue yang mengenyangkan, dan makanan khas Lombok. Di sinilah akhirnya saya menyerah mengantri di meja pedagang yang menjual berbagai macam makanan. Antrian memanjang dan jangan kepikiran untuk nyela deh. Soalnya saya sempat salah berdiri dan nggak sengaja mendahului seorang bule. Eh saya dikira nyerobot antrean.

Selanjutnya saya lebih pilih beli seafood saja. Ikan tongkol harga Rp 80.000 yang besar dan lebih dari cukup untuk dimakan berlima. Saya dan Rudy sampai super kekenyangan.

Lari pagi

Olahraga air sudah pasti ada di Gili Trawangan. Uniknya wisatawan yang datang terutama bule meluangkan pagi hari mereka untuk joging mengitari pulau. Kalau saya cukup jalan santai saja, wara wiri sambil melihat-lihat suasana di pagi hari yang ujungnya cari sarapan.

Snorkling

Seperti kegiatan wajib jika ke Gili Trawangan. Paket snorkling ditemukan dengan mudah di berbagai sisi jalan dan sudut Gili Trawangan. Tahun 2014 harga per paket sekitar Rp 95.000-Rp 120.000 tergantung fasilitas yang disertakan. Jika sangat murah itu hanya paket wisata snorkling saja belum termasuk perlengkapannya. Jadi pastikan apa saja yang bisa didapat serta lokasi mana saja yang akan digunakan untuk snorkling. Karena perairan di sekitar lombok memiliki arus kuat.

cidomoSewa Cidomo

Cara lain menikmati Gili Trawangan yaitu sewa cidomo dan mengelilingi pulau. Sewanya sekitar Rp 50.000 sampai Rp 75.000. Cidomo ini muat untuk 3 sampai empat orang. Di Gili Trawangan tidak ada transportasi berbau mesin. Tujuannya untuk menghindari polusi udara berupa asap kendaraan. Tapi polusi bau malah muncul karena cidomo ditarik kuda. Pasti terbayang kan, kotoran kudu sering meleset tidak pas jatuh di kantong kotoran. Tapi bertebaran di jalan. Jadi hati-hati menginjak ranjau.

Diving

Wisata air ini memang ditujukan untuk mereka yang sudah lulus pelatihan menyelam dan bersertifikasi. Diving jauh lebih menarik daripada snorkling tapi modal yang digunakan juga jauh berbeda. Di Gili Trawangan ada banyak program sertifikasi yang dibimbing instruktur handal. Tarif khusus dan biasanya dihitung dalam dollar Amerika. Saya sih belum mengikuti sertifikasi diving, mungkin suatu saat. Tapi tunggu dulu, jangankan diving di kedalaman tertentu. Untuk berenang saja saya masih belum mahir. Ups.

Ikuti Kelas Memasak

Liburan tapi ikut kursus ? Yup. Salah satu kegiatan yang bisa diikuti di Gili Trawangan yaitu kursus membuat pizza. Menurut saya menarik karena peserta diajarkan bagaimana membuat pizza yang menghasilkan roti tipis dan renyah. Pembuatannya menggunakan tungku api yang besar. Detil pembuatan pizza diajarkan dan tentu saja hasilnya dapat dikonsumsi sendiri. Pizza jadi menu yang disediakan di mayoritas cafe di Gili trawangan. Jadi kenapa ada kursus pizza di pulau ini.

Kelas Yoga

Yoga bisa dijadikan pilihan untuk mengisi waktu liburan di Gili Trawangan. Jadwalnya tiap jam 6 pagi dan empat sore. Jangan bayangkan yoga di dalam ruangan. Kelas yoga ini diselenggarakan di ruang terbuka, di bawah pohon yang menghadap ke pantai. Duhhh sekalian olahraga sekalian cuci mata.

cafe di gili trawanganNongkrong di Kafe

Aktivitas paling santai dan nyaman di Gili Trawangan. Nongkrong di kafe, memesan makanan sambil minum bir, mendengarkan live music, atau hanya leyeh-leyeh di kursi panjang/bean bag. Rasanya seperti surga. Tapi inilah liburan yang sebenarnya yaitu bermalas-malasan. Beberapa kafe malah membuat acara api unggun yang bisa diikuti pengunjungnya.

kegiatan di gili trawangan

Fotografi

Yang punya hobi motret pasti senang sekali di Gili Trawangan. Tidak hanya alamnya yang indah, kegiatan keseharian di pulau ini memang patut diabadikan. Jalan-jalan saja mengelilingi pulau. Pasti ada banyak hal yang bisa dijadikan sumber inspirasi. Mulai dari aktivitas pelabuhan, wisatawan, kuli-kuli panggul yang memindahkan semen dan ratusan karton bir dari kapal. Hal-hal kecil ini bagi saya sangat seru karena bisa mengetahui langsung kehidupan masyarakat di Gili Trawangan.

Berkuda

Tak hanya naik Cidomo, di Gili Trawangan wisatawan juga bisa menyewa kuda sekaligus pelatihnya untuk mengajari cara berkuda yang benar. Terdapat sebuah lahan yang digunakan untuk berlatih.

Ada banyak kegiatan liburan yang bisa dilakukan saat di Gili Trawangan. Punya sehari dua hari saja untuk mampir? Ah, udah pasti waktunya kurang.

things to do at gili trawangan

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *