Itinerary Kuala Lumpur 3 Hari 2 Malam

Kuala Lumpur menjadi kota yang pas untuk berlibur dan menikmati suasana di luar Indonesia dengan biaya terjangkau. Apalagi kota ini menjadi pusat penerbangan biaya terjangkau AirAsia, yang juga menghubungkan banyak kota di sebagian besar Asia dan Australia. Rasanya ke Kuala Lumpur menjadi cara yang tepat untuk berwisata meski hanya pada akhir pekan.

Kuala Lumpur menawarkan banyak sekali destinasi dari yang gratis, murah, hingga berbayar untuk wisatawan. Saking banyaknya itinerary 3 hari 2 malam di Kuala Lumpur ini bisa Anda modifikasi sesuka hati agar sesuai dengan gaya berlibur yang cocok dengan kantong.

lapangan-merdeka
Foto diambil dari Lapangan Merdeka.
pasar-seni
Pasar Seni

Day 1

Saya membiasakan diri untuk memilih penerbangan pertama atau terakhir. Sehingga bisa punya banyak waktu untuk jalan-jalan.

05:10 – Penerbangan dari Jakarta ke Kuala Lumpur.

10.00 – Perjalanan dari KLIA ke pusat kota naik bus (+/- 1 jam).

11.15 – Langsung menuju penginapan di sekitar Petaling Street untuk check in dan drop barang bawaan.

12.15 – Pergi ke Pasar Seni untuk cari makan siang & window shopping.

13.15 – Jalan-jalan keliling Kuala Lumpur naik bus gratis, GO KL, lalu mengunjungi Lapangan Merdeka & National Museum. Salah satu ikon di Kuala Lumpur yang punya arti penting bagi Malaysia. Di lapangan inilah, momen penurunan bendera Inggris dan dinaikkannya bendera Malaysia pada 31 Agustus 1957. Dengan bangunan koloni Inggris yang indah. Saatnya untuk piknik santai di hamparan lapangan yang hijau. Di sekitar lokasi, Anda juga bisa mengeksplore tempat-tempat menarik lainnya atau sekedar menambah koleksi foto saat di Kuala Lumpur.

17.00 – Lanjutkan perjalanan naik GO KL menuju KLCC untuk melihat menara Petronas. Saat sore hari, ambiancenya begitu menarik karena banyak orang lokal maupun ekspatriat yang lari sore di sana. Jika Anda hobi lari, taka da salahnya untuk bergabung.

19.00 – Balik ke area Petaling Street dan mampir untuk makan malam di area Chinatown. Di sana banyak sekali pilihan makanan untuk disantap. Namun, perlu hati-hati bagi Anda yang muslim, harus lebih jeli memilih restoran. Karena ada beberapa restoran dengan menu pork. Jika ingin sekalian berbelanja, di area ini menjajakan berbagai barang dengan harga lumayan terjangkau.

22.00 – Balik ke penginapan dan istirahat.

Baca juga : Tips Wisata Backpacker ke Melaka. 

batu-caves
Batu Caves, Kuala Lumpur, Malaysia

Day 2

Hari kedua akan lebih panjang liburannya. Jadi siapkan tenaga dan uang saku untuk menjelajahi beberapa tempat menarik di Kuala Lumpur. Tips dari saya, lebih baik memilih penginapan yang sekaligus menyediakan sarapan. Sehingga bisa menghemat waktu saat pagi hari.

Sekedar berbagi saja. Saya termasuk orang pagi, jadi ketika memang berniat untuk jalan-jalan, saya rela bangun lebih pagi dari biasanya untuk sekedar siap-siap. Ok, kita detilkan yuk jadwal di hari ke-2.

05.00 – Bangun pagi dan bersiap-siap.

06.00 – Sarapan di hotel/hostel.

07.00 – Menuju stasiun LRT dan menjadwalkan ke Batu Cave. Jangan lupa mampir ke minimarket di sekitar stasiun untuk membeli bekal makanan ya. Biasanya kita akan menemukan makanan dengan merek yang belum tentu kita temui di Indonesia. Sekalian jajan, sekalian merasakan cemilan yang beredar di Kuala Lumpur.

08.00 – Wisata di Batu Cave. Tempat ini sebenarnya sebuah kuil umat Hindu. Namun, juga terkenal dan dijadikan tempat wisata internasional. Yang menarik yaitu tangga yang berjumlah ratusan untuk didaki. Saat ini Batu Caves memiliki wajah lebih berwarna dengan cat pelangi yang menghiasi setiap anak tangganya.

11.00 – KL Forest Eco Park, Lot240 Jalan Raja Chulan, Kuala Lumpur. Tempat ini terletak dekat area bukit bintang. Dengan sembilan hektar lebih dipenuhi dengan tanaman hijau. Kita bisa merasakan suasana yang berbeda dari Kuala Lumpur yang lebih terkenal dengan wisata budaya & kulinernya. Untuk mendapatkan pemandangan yang bagus, wisatawan bisa melewati sebuah jembatan gantung yang diakses dari Menara Tower.

17.00 – Shopping & kulineran di Bukit Bintang. Bukit Bintang sebenarnya dekat dengan KLCC. Untuk edisi hari kedua, lebih fokus menjelajahi lokasi ini karena Bukit Bintang terkenal sebagai tempat untuk belanja. Tapi buat yang tidak terlalu suka keluar uang untuk berbelanja. Wisata kuliner malam hari bisa jadi solusinya. Sembari mengistirahatkan badan setelah seharian pergi ke Batu Caves dan KL Forest Eco Park.

petronas
Menara Petronas

Day 3

Hari terakhir di Kuala Lumpur ? Jangan lewatkan dua tempat yang bisa dikunjungi. Ada Thean Hou Temple & kawasan (Brickfields). Ada baiknya saat bersiap di pagi hari, sekalian untuk packing barang bawaan. Anda bisa langsung menitipkan tas atau koper ke lobby hotel, sekalian check out, dan berpesan akan mengambil barang milik Anda setelah jadwal wisata berakhir.

08.00 – Selesai sarapan, siap-siap ke stasiun terdekat untuk pergi ke Thean Hou Temple. Jaraknya masih di sekitar China Town. Anda bisa jalan kaki atau naik angkutan umum. Kuil Cina terbesar di Asia Tenggara ini memiliki enam tingkat. Dibangun di atas bukit kecil, kita bisa menikmati keindahan kota dan arsitektur Tiongkok yang kental.

10.00 – Saatnya pindah ke Little India atau lebih dikenal dengan Brickfields. Kita bisa berburu makanan India yang enak-enak sekaligus beli oleh-oleh berupa manisan.

13.00 – Waktunya kembali ke penginapan untuk mengambil barang Anda, untuk pergi ke KLIA. Jika saat tiba di hari pertama Anda sudah mencoba naik bus. Ada baiknya, memilih KLIA Express sebagai moda transportasi menuju bandara. Tiketnya memang lumayan, RM 55. Tapi demi pengalaman, tak ada salahnya mencoba bukan ?!

Sesampainya di bandara. Ada banyak hal yang bisa dilakukan sambil menunggu jadwal penerbangan. Jika jam terbang Anda masih lama. Langsung saja menjelajahi KLIA yang lumayan luas.

 

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *