Punya Waktu Singkat di Penang ? Yuk Contek Itinerary Liburan di Penang 4 Hari 3 Malam

Yang punya hobi makan enak, wisata budaya dan bersejarah. Penang di Malaysia bisa menjadi destinasi tujuan. Daripada bingung setelah sampai Penang mau ngapain aja. Sebelum pergi, penting membuat itinerary agar perjalananmu lebih mudah, terjadwal, dan petulangan saat liburan lebih efektif. Bagi yang ingin pergi wisata ke Penang, tapi masih bingung mau pergi ke mana saja. Saya punya itinerary liburan di Penang selama 4 hari 3 malam yang bisa dicontek.

***

Perjalanan di Penang bisa ditempuh lewat jalur darat dari Kuala Lumpur atau langsung menggunakan pesawat menuju Penang. Ada dua pilihan yang biasanya dilakukan beberapa wisatawan. Ketika mendapatkan tiket penerbangan terakhir di hari sebelumnya. Itu lebih menguntungkan karena punya waktu lebih banyak (kurang lebih setengah hari) untuk menjelajahi Penang.

Namun, jika di hari pertama sudah termasuk durasi perjalanan dan anggaplah penerbangan dari Jakarta dengan pesawat low cost carrier. Cara ini mengharuskan kita transit di Kuala Lumpur baru melanjutkan perjalanan ke Penang. Sehingga durasi jalan-jalan terpotong setengah hari dan sampai di Penang siang, lalu sampai hotel mendekati sore hari.

tempat wisata penang
Mau nginep di mana pas ke Penang ? Bisa coba di Container Hotel
jalan jalan murah ke penang
Rumah pecinan yang direnovasi sebagai toko.

Day 1

Jakarta – Kuala Lumpur – Penang

Sampai di Penang pukul 2 siang, tapi itu belum selesai karena harus antri masuk bagian imigrasi, beli simcard, dan cari tahu bus apa yang bisa mengantarkan ke area George Town. Sejak sebelum mendarat, kondisi Penang sudah mulai hujan. Ketika kami sedang menunggu bus, hujan turun semakin deras. Ditambah lagi menunggu bus sekitar 30an menit.

Perjalanan dari bandara Penang ke George Town sekitar satu jam. Kami pun berhenti di Komtar, terminal pusat yang ada di Pulau Penang.

Sambil menunggu hujan agak reda, kami pun makan malam di kantin Komtar. Di sana ada beberapa jajanan menarik yang bisa dibeli. Tapi hati-hati bagi yang muslim, karena ada beberapa kedai yang menjual makanan tidak halal. Jika sudah tidak kuat menahan lapar, masih bisa menjelajahi mal.. di sana ada banyak restoran franchise seperti pizza hut yang aman untuk dikonsumsi.

Maksud hati, ingin menuju area Love Lane sambil jalan kaki. Ternyata hujan semakin deras disertai angin kencang. Saya pun langsung pesan grab car dan menunggu 15 menitan. Sampai di guest house sebenarnya masih jam enam sore. Tapi, cuaca tidak mendukung. Jadilah, kami berdua hanya berada di penginapan saja. Sambil menunggu esok pagi.

Hari pertama ini memang tidak efektif karena banyak waktu yang terbuang.

OPSI : Jika cuaca bersahabat dan tidak banyak kendala selama perjalanan. Anda bisa memulai berburu mural sejak hari pertama. Menyewa sepeda bisa jadi alternatif untuk memudahkan berkeliling George Town. Selain itu jangkauan tempat wisata juga bisa lebih luas sampai blusukan ke area yang bukan area wisata. Sehingga perjalanan ke Penang membawa pengalaman mengunjungi area pemukiman warga setempat.

Kunjungi Chocolate & Coffe Museum. Selain mengetahui perjalanan coklat dan kopi di Penang. Kita bisa membawa pulang kopi durian yang sangat terkenal sebagai buah tangan.

itinerary liburan ke penang
Masjid Kapitan Keling di George Town, Penang.
itinerary ke penang 3D2N
Menara Masjid Kapitan Keling.
tempat wisata penang
Cafe di Love Lane
wisata penang
Cafe yang menggunakan rumah pecinan lama.

Day 2 : Berburu Mural dan Wisata Kuliner

Hari kedua saya berniat memaksimalkan jalan-jalan menjelajahi kota George Town. Terutama mendatangi satu per satu mural Penang dan street art lainnya yang menjadi daya tarik pulau ini. Memilih penginapan yang menyediakan sarapan rupanya lebih menghemat waktu. Jadi keluar guest house, langsung dilanjutkan melihat-lihat kawasan Love Lane dan mengabadikan foto-foto mural yang unik.

Saya sangat menyarankan mengikuti jalur peta wisata mural Penang. Peta ini tentu saja bisa didapatkan dengan mudah baik di bandara atau pun disediakan penginapan. Beberapa jalur bisa diikuti, sehingga perjalanan berburu mural di Penang lebih menghemat waktu.

Mural di Penang begitu banyak dan jumlahnya puluhan. Dari yang menjadi ikon penting dan sudah membuat Penang begitu populer. Atau mural-mural remeh temeh yang sering digambar di beberapa tempat makan maupun tembok-tembok rumah. Meski remeh temeh, saya malah menyukainya karena, para seniman begitu detil mempercantik area Penang. Bahkan di bagian-bagian yang sering tidak kita hiraukan.

jalan jalan ke penang
Di sekitar Armenian Street Penang. Wisatawan berbelanja dan wisata kuliner.

Ketika jam makan siang tiba. Armenian Street merupakan salah satu lokasi yang patut disambangi, karena di sana banyak kedai-kedai yang menjual makanan lokal. Mengisi perut sambil beristirahat dan menikmati kuliner khas Penang seperti laksa, mencoba cendol Penang, nasi lemak. Penang menjadi surganya pecinta mie, karena wisatawan dengan mudah menemukan kedai-kedai penjual mie khas Penang.

Perburuan mural dapat dilanjutkan setelahnya jika memang masih kuat untuk berkeliling. Pukul 12 hingga 2 siang menjadi puncak panas-panasnya Penang. Untungnya ketika nekat melanjutkan berkeliling, saya menemukan taman kecil yang begitu bersih dan bisa dijadikan tempat beristirahat sejenak.

Saat liburan di Penang waktu itu, saya memang lebih menikmati liburan santai. Sehingga tidak perlu buru-buru untuk pergi dari satu tempat ke tempat lain. Apalagi ketika harus menyesuaikan dengan cuaca di Penang. Di taman itu, saya dan Rudy menghabiskan waktu sekitar satu jam. Lokasinya begitu tenang, bersih, rapi, dan tidak ramai. Hanya ada beberapa orang yang pergi ke sana. Lokasinya dekat Armenian Street, tetapi orang-orang yang melewatinya, khususnya wisatawan cenderung menghiraukan taman ini begitu saja.

biaya hidup penang
Menyingkir dari hiruk pikuk George Town di Armenian Park.
itinerary penang 2 hari
Armenian Park, lokasinya strategis dan begitu tenang.
Armenian park penang
Taman ini begitu bersih dan rapi. Sering digunakan sebagai tempat istirahat bagi penduduk lokal.
tempat wisata di penang
Gereja St. George Anglican Church.
itinerary penang
Suasana di pinggir jalan dekat gereja.
itinerary penang 4 hari
Sri Mahamariamman Temple
Kwan Yin temple penang
Kwan Yin Temple Penang

Saat mencari mural. Kita akan melewati bangunan bersejarah yang hingga saat ini masih digunakan sebagaimana mestinya. Mengunjungi gereja St George Anglican Church, klenteng Kwan Yin, Sri Mahamariamman Temple dan bagi yang muslim bisa sembahyang di Masjid Kapitan Keling.

Tempat ibadah ini memiliki sejarah panjang di Penang dan letaknya cukup berdekatan. Tak ada salahnya meluangkan waktu sembari berkeliling Penang untuk mencari mural yang bertebaran di sudut kota.

Sore harinya, saya pergi ke Clan Jettis. Suatu kawasan yang dibentuk para imigran Cina di pinggiran Penang. Mereka tinggal di rumah terapung tepat di tepi laut. Clan Jettis dihuni beberapa klan peranakan. Saat ini di Clan jettis terdapat enam dermaga yang masih tersisa.

Di area klan jettis yang berada tepat di pinggir jalan. Terdapat food court yang buka pada sore hingga malam hari. Opsi lain untuk wisata kuliner yaitu wilayah Love Lane dan Chulia Street Hawker.

liburan murah ke penang
Jalanan menuju Clan Jettis. Begitu sepi karena sedang hari Minggu.
clan jettis penang
Clan Jettis Penang. Rumah-rumah terapung tepat di tepi laut.
wisata penang murah
Salah satu rumah yang ada di Clan Jettis.
wisata malam di penang
Kios penjual minuman jus di Chulia Street.
tempat wisata george town
City Hall di George Town, Penang. Letaknya dekat dengan Fort Cornwallis.

OPSI : Anda juga bisa mengunjungi beberapa museum yang ada di Penang seperti Penang 3D Trick Art Museum, Wonderfood Museum, Pinang Peranakan, Camera Museum, Penang War Museum, Glass Museum dan Seh Tek Tong Cheah Kongsi.

OPSI 2 : Pergi ke Fort Cornwallis Penang. Dari sini ada banyak bangunan bersejarah dan bisa melihat arah laut dari pusat kota. Fort Cornwallis merupakan bangunan yang didirikan pada avand ke-18 oleh pemerintahan Inggris. Nama benteng diambil dari  Guberbur Jendral Bengali, Charles Cornwallis, 1st Marquess Cornwallis.

Baca juga : Berburu Mural Di Penang.

Day 3 : Kek Lo Si Temple – Batu Feringghi

Kek Lo Si Temple menjadi tempat wisata di Penang yang populer. Jaraknya sekitar 10 kilometer dari pusat kota. Wisatawan dapat memanfaatkan bus rapid Penang untuk menuju ke sana. Selain menghemat kantong jika dibandingkan sewa mobil sendiri. Kita bisa berinteraksi dengan penduduk lokal saat menggunakan rapid Penang.

Pergi ke Kek Lo Si Temple tidak memakan banyak waktu. Perjalanan menuju tempat tersebut sekitar 45 menit dengan bus umum. Lalu melihat-lihat tempat ibadah umat Budha ini sampai ke lokasi tertinggi di mana ada patung Dewi Kwan Im membutuhkan waktu sekitar satu setengah jam saja.

itinerary liburan ke penang 4d3n
Kek Loh Si Temple dari kejauhan.
itinerary penang
Pemandangan Penang dari Kek Loh Si Temple.

Jika memulai kegiatan sejak pagi hari. Saat jam makan siang, Anda bisa mampir di tempat makan yang ada di sekitar pasar.

Setelah istirahat siang. Perjalanan bisa dilanjutkan ke Batu Feringghi dengan naik bus rapid Penang. Habiskan siang sampai senja tiba. Anda bisa menikmati tepi pantai dan wisata di Batu Feringghi Night Market.  Menjelang malang segera kembali ke George Town dengan transportasi yang sama.

OPSI : Berkeliling dengan bus Hop On Penang yang membawa kita menjelajahi beberapa tempat populer.

Baca juga : Makan Malam di Holy Guacamole Penang.

                   My Own Cafe Penang.

Day 4 : Prangin Mall

Hari terakhir di Penang, atur jadwal agar lebih santai. Tidak perlu pergi jauh-jauh. Mencari sarapan pagi khas kuliner Penang dan berbelanja oleh-oleh bisa menjadi pilihan paling baik. Mengingat Anda harus cepat check out dan pergi ke bandara.

Jika menggunakan bus rapid Penang. Pintar-pintarlah mengatur waktu. Minimal empat jam dari hostel. Meskipun Penang jauh dari kemacetan, tetapi menunggu bus rapid Penang jalur George Town ke bandara Pulau Penang cukup memakan waktu. Belum lagi harus transit di Komtar dan perjalanan memakan waktu satu jam.

Jalur searah menuju Komtar. Anda bisa mampir ke Prangin Mall untuk membeli oleh-oleh dengan harga murah. Berbagai stationary lucu dengan harga terjangkau bisa Anda beli sebagai buah tangan untuk teman-teman.

PS : Itinerary liburan ke Penang 4 hari 3 malam ini 80% saya buat berdasarkan pengalaman pribadi. Sisanya saya susun ulang setelah kunjungan ke Penang agar Anda yang ingin melakukan perjalanan sesuai itinerary ini lebih efektif dan bisa menjangkau banyak tempat.

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *