Mau Liburan ke Penang ? Baca Dulu Referensi Biaya Jalan-Jalan Ke Penang Ala Backpacker

Malaysia menjadi salah satu negara murah yang saya favoritkan untuk dikunjungi. Mulai dari makanan, penginapan, hingga pilihan menikmati area wisata yang kebanyakan gratis dan menyenangkan. Apalagi Malaysia, tetangga “terdekat” kita ini, punya kekayaan kuliner yang rasanya menggoyang lidah, tapi tidak bikin kantong jebol.

Pulau Penang jadi destinasi yang saya rekomendasikan. Keunggulan apa yang dimiliki Penang (baca:Pineng) sehingga layak jadi tujuan wisata yang pantas masuk daftar ? Street art and delicious food.

Lima hari empat malam (termasuk durasi Jakarta-Penang-Jakarta) saya dan suami habiskan berwisata di pulau yang terpisah dengan Semenanjung Malaya ini. Berapa sih biaya yang harus kami keluarkan untuk jalan-jalan ke Penang ?

Bicara soal liburan tak lepas dari biaya, dan semua ditentukan dari gaya. Nginep di mana? Makan apa ? Dan naik kendaraan apa? Short trip ke Penang kali ini untuk dua orang kami menghabiskan 4,7 jutaan termasuk tiket pesawat. Apakah mahal ? Tergantung masing-masing orang.

biaya jalan jalan ke penang Tiket Perjalanan ke Penang 

Tentu saja dari Jakarta ke Penang harus naik pesawat kan? Saya pilih naik pesawat tanpa transportasi lain menuju Penang. Tiket berangkat yang saya dapatkan untuk dua orang seharga Rp 1,1 juta dengan transit di Kuala Lumpur menggunakan Lion Air lalu dilanjutkan dengan Malindo Air. Saya beli di bulan November 2017.

Sedangkan tiket pulang, saya beli di bulan lain dan harganya Rp 1 jutaan untuk dua orang. Penerbangan nonstop tanpa transit dengan Air Asia. (Pembelian di bulan April 2018).

Total biaya untuk tiket Jakarta – Penang PP untuk dua orang kurang dari Rp 2,2 juta.

Biasanya harga tiket normal Jakarta-Penang PP sekitar Rp 1,6 – 1,8 per orang. Hitung saja berapa rupiah saya bisa berhemat.

Tiket perjalanan murah memang selalu didapat saat promosi maskapai penerbangan. Jadi, harus rajin cek harga dan cari info ke mana pun tujuan Anda pergi.

Opsi kedua yaitu naik pesawat dari Jakarta ke Kuala Lumpur lalu melanjutkan naik bis ke Penang. Cara ini bisa digunakan ketika punya waktu lebih lama untuk jalan-jalan, sekalian melihat-lihat kondisi jalanan Kuala Lumpur ke Penang. Atau ingin mendapatkan pengalaman naik bis dan melewati Jambatan Pulau Pinang yang menghubungkan Bayan Lepas dan Sebrang Prei.

Biasanya harga tiket Jakarta-Kuala Lumpur memang jauh lebih murah. Ketika promo, ada kemungkinan harganya hanya Rp 250.000 per orang ditambah naik bis yang tiketnya sekitar Rp 80.000 saja. Anda sudah bisa menekan pengeluaran di tiket perjalanan. Tapi karena saya tidak punya banyak waktu, pilihan pertamalah yang terbaik.

hotel murah di Penang
Salah satu guesthouse di kawasan Love Lane.

Penginapan dan Hotel di Penang

Harga penginapan di Penang sangat bervariasi, mulai yang murah sampai yang agak mahal. Penginapan murah tidak selalu dormitory. Tapi kita bisa memilih jenis guesthouse yang menyediakan dapur sendiri. Harganya sekitar Rp 170 ribuan hingga Rp 300an ribu.

Jika nginep rame-rame  dengan keluarga besar atau teman-teman bisa banget sewa hotel berlabel resort. Kebanyakan resort harganya masih terjangkau dan letaknya berada di tepi pantai. Tarifnya antara Rp 700 ribu sampai Rp 1,5 juta.

Saya menginap di guesthouse satu kamar untuk berdua. Biasanya ketika pesan kamar dorm untuk satu bed yang tempatnya nyaman harganya berkisar di atas Rp 100.000. Tetapi dengan memilih guesthouse malah lebih hemat dengan fasilitas yang lebih dari bagus harganya yang tak lebih dari Rp 180.000. Saya merekomendasikan Rainbow Guest House yang fasilitasnya lumayan lengkap, suasana tenang, dan nyaman untuk harga sangat terjangkau. Dapur bersama yang bersih, balkon untuk bersantai, fasilitas laundry (berbayar dan murah), kamar ber AC dengan interior minimalis, serta beberapa fasilitas tambahan seperti setrika baju.

Kebetulan saya mendapat kamar dengan fasilitas share bathroom. Dan untuk masalah kebersihan, kualitasnya sangat OK. Setiap pagi ada petugas yang membersihkan seluruh area termasuk kamar mandi. Guesthouse ini malah mirip dengan kost-kostan eksklusif.

Perlu diketahui bahwa sejak 2017. Malaysia menarik pajak tambahan bagi wisatawan asing yang menginap setiap MYR 10 per malam. Pajak ini akan diminta secara langsung saat check in di penginapan. Saya tinggal di dua guesthouse berbeda ketika berada di Penang.

Di kawasan Love Lane, tepatnya di Red Inn Heritage Guest House pajak per malamnya hanya MYR 4. Sedangkan saat di Rainbow saya kena tarif pajak MYR 10 per malam.

transportasi di penang
Rapid Penang, bis umum yang mempermudah mobilitas wisatawan di Penang.

Transportasi Lokal

Dasarnya saya hitungan soal transportasi, jalan kaki jadi pilihan utama selama menjelajahi George Town. Capek ? Sedikit aja kok. Asal pakai baju dan sepatu standar yang nyaman, jalan jalan di Penang, terutama kawasan George Town malah menyenangkan.

Tapi untuk bepergian ke daerah yang jauh bisa menggunakan bus Rapid Penang yang tiketnya sangat terjangkau. Manfaatkan transportasi umum yang disediakan dengan baik. Selama 5 hari di Penang, saya keluar uang untuk naik bis tak lebih dari MYR 25.

Bahkan terdapat paket khusus per orang sebesar sebesar MYR 30 yang bisa digunakan unlimited dalam kurun waktu seminggu. Jadi, mau mengitari pulau dan menggunakan seluruh jalur bis, harganya sama.

Baca juga : Pengalaman Naik Kereta dari Bangkok ke Ayutthaya.

   Transportasi di Penang : Pengalaman Naik Bus Rapid Penang.

wisata kuliner murah di Penang
Mie dengan bakso ikan

Makanan

Hemat di pengeluaran biaya transport, saya boros untuk wisata kuliner di Penang. Sayang banget, kalau ke Penang tapi ngirit makan. Kunjungi daerah Chulia Street saat malam hari atau nongkrong di kafe kawasan Love Lane. Banyak sekali makanan pinggir jalan wajib dicoba. Mulai dari mie, nasi lemak bungkusan, hingga sushi yang dijual di food truck sampai makanan barat seperti burger.

Pilihan lainnya juga bisa di kawasan Little India untuk berburu makanan yang penuh lemak seperti nasi kandar. Ada lagi pasembur, biryani, atau mee rebus.

Harga makanan bervariasi. Jika ingin berhemat bisa makan menu mie mulai dari yang vegetarian sampai yang pakai bakso ikan. Harganya antara MYR 4-6. Minuman rata-rata harganya antara MYR 1,5 -2,2 dengan menu teh, kopi, atau milo.

Kalau ingin sedikit fancy, nongkrong di restoran atau kafe perlu biaya antara Rp 150.000 – Rp 250.000 untuk makan berdua. Sudah termasuk makan enak dan porsi melimpah ruah.

Tinggal selera saja dan menyesuaikan dengan kantong. Yang pasti, wisata kuliner di Penang tidak pernah mengecewakan dari segi harga dan kepuasan.

Baca juga : Jatuh Cinta Sama Adam di Singapura. 

harga tiket museum di penang

Tiket Museum

Mungkin sebagian dari Anda suka pergi ke museum? Penang menawarkan beberapa tempat wisata museum kekinian seperti Upside Down Museum yang sekarang banyak ditiru di Indonesia. Upside Down Museum berisi ruangan-ruangan yang memperlihatkan  seolah-olah areanya terbalik. Harga tiket upside down museum MYR 25, hampir seratus ribu rupiah.

Ada lagi Penang Time Tunnel yang memperlihatkan suasana Penang sejak tahun 1592 hingga sekarang. Dari beberapa brosur yang saya dapat, museum ini mirip seperti diorama-diorma yang ada di Museum Bank Indonesia. Harga tiket Penang Time Tunnel MYR 29. Masih tertarik masuk ? 😀

Tapi saya punya tips bagi yang benar-benar ingin pergi ke museum-museum tadi dan mendapat harga lebih murah. Datang saja ke beberapa penjual aksesoris atau kaki lima. Biasanya mereka akan memberikan peta George Town Penang. Di dalamnya disematkan kupon-kupon diskon untuk masuk museum. Lumayan bagi yang ingin berhemat, potongannya sekitar 20 %- 30%.

Museum ini menempati rumah-rumah lama yang ada di George Town. Saya sendiri kurang tertarik mengunjungi museum kekinian di Penang karena sudah terlalu banyak yang menjiplak di negeri kita. 😀 Tapi buat Anda yang penasaran, tak ada salahnya buang-buang uang untuk membeli tiket dan menghabiskan waktu selama di Penang.

Penang sama dengan Melaka. Pulau ini memiliki benteng tua Cornwallis yang dibangun Perusahaan Hindia Timur Britania di akhir abad ke-18. Sayangnya ketika saya niat banget pergi ke sana, sampai lokasi ternyata area benteng sedang diperbaiki dan ditutup untuk umum.

Oleh-Oleh

Banyak sekali oleh-oleh yang bisa dibawa dari Penang. Lagi-lagi karena bawa backpack saya tak berniat beli dalam jumlah berlebihan. Banyak outlet yang menyediakan makanan khas Penang mulai dari kue semprong, berbagai kerajinan pala mulai dari manisan hingga minyak, aneka kue nanas, dan kopi Malaysia.

Pengeluaran beli oleh-oleh sekitar RP 200.000

Berikut rangkuman pengeluaran yang saya buat dalam tabel.

biaya jalan jalan ke penang ala backpacker
Referensi pengeluaran liburan di Penang sesuai pengalaman saya.

Rata-rata biaya liburan ke Penang untuk satu orang tidak sampai 2,5 juta rupiah.  Jika Anda menganggap masih terlalu mahal. Biaya jalan-jalan ke Penang ala backpacker ini masih bisa ditekan di bagian pengeluaran makan. Apalagi, banyak sekali wisata gratis di Penang yang bisa dikunjungi, seperti berburu mural dan street art. Percayalah, liburan berkonsep backpacking (terutama di wilayah Asia tenggara) tidak selalu sengsara. Asal punya trik jitu mengelola keuangan selama melancong.

 

Incoming search terms:

  • Backpacker ke penang
  • Backpacker ke pena
  • ongkos trip ke penang
  • liburan murah ke penang
  • liburan ke penang 2018
  • jalan jalan ke penang 2018
  • cara backpacker d penang malaysia
  • backpaker ke malaysia murah Penang kuala lumpur
  • backpacker ke penang 2018
  • uang saku ke penang 3 hari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *