Berburu Mural Penang, Daya Tarik Wisata Bagi Traveler Milenial

Saya terkesan dengan kecerdasan pemerintah Penang dan orang-orang yang berjasa memperkenalkan kembali ibukota George Town sebagai tujuan wisata melalui mural di Penang. Bayangkan saja, berbekal peta yang  saya dapat di bandara. Saya dan kebanyakan wisatawan  bertandang ke George Town berubah menjadi pemburu mural layaknya memburu item-item pokemon dalam game Pokemon Go.

Cara yang tepat menjadi pemburu mural hanya dengan jalan kaki. Jalan santai, sabar, dan jangan jadi pejalan yang mengeluhkan panas matahari. Karena berburu mural perlu kesabaran dan mau berpanas-panasan berkeliling George Town.

Setiap jalan beberapa meter dan melihat gerombolan orang, itulah pertanda baik bahwa saya menemukan mural yang diincar.

Wisata Mural Penang Terpopuler

mural di penang
Boy on Bike.

Boy on A Bike

Ini mural pertama yang saya temukan. Mural di George Town yang terkenal dan menjadi incaran banyak wisatawan. Letaknya di Lebuh A Quee yang di sana terdapat beberapa street art lucu dan unik yang perlu diabadikan. Old Motorcycle ini merupakan salah satu ikon paling terkenal dan kerap mengisi brosur, blog wisata, atau majalah yang membahas tentang Penang.

street art penang
Little Boy with Dino

Little Boy with Pet Dinosaur

Bersebelahan dengan mural boy on a bike. Mural satu ini memanfaatkan tembok rumah yang kusam sebagai media gambarnya. Saya atau wisatawan lain yang ingin berfoto bisa melakukan segala macam aksi agar lebih menyatu dengan karya seni ini. Lucu banget ya…

mural terkenal di penang
Little Children on Bicycle

Little Children On A Bicycle

Dua bocah di atas sepeda, sepertinya kakak perempuan sedang membawa adik laki-lakinya pergi jalan-jalan dengan sepeda orang tua yang kebesaran di sore hari. Itulah imajinasi dalam pikiran saya ketika melihat mural ini.

Sama dengan mural lainnya, saya pun harus ikut antri berfoto, karena mural ini terletak di kawasan yang cukup ramai bagi wisatawan, tepatnya di Armenian Street.

Selain menjadi incaran, letaknya pun di jalan yang tak terlalu lebar tapi padat dikunjungi wisatawan dengan berjalan kaki serta lalu lalang kendaraan. Baik mobil atau motor akan lewat di jalan ini. Selain antri, tentu saja sabar dan hati-hati ketika menunggu giliran untuk dipotret.

tempat mural di penang
Reaching Up

Reaching Up Mural

Letaknya ada di Cannon Street. Percaya atau tidak, ketika melihat mural instagramable yang diabadikan. Sering kali saya menduga jika mereka menggambar di tembok yang luas dan mudah di lihat serta tempatnya cukup mudah ditemukan. Reaching Up Mural ini ternyata digambar di sisa tembok bagian luar sebuah gang kecil. Memanfaatkan ventilasi udara sebuah rumah. Kreatifitas Ernest Zacharevic yang membuatnya tertuang untuk mengisi tembok kosong itu.

Ditambah lagi hanya dua langkah dari sana ada kios-kios es dan jajanan yang bisa diserbu sembari menunggu kesempatan kita berfoto.

Baca juga : Street Art George Town Penang

The Cat

Di seberang jalan ada mural kucing yang menhiasi tembok kosong sebuah rumah. Sepertinya para artis tak bisa melihat media-media nganggur. Mereka memanfaatkan apa saja untuk menuangkan ide, sekaligus membuat tempat-tempat yang tadinya tidak menarik, menjadi lebih punya nilai.

Children On The Swing

Louis Gan, seniman yang melukis mural ini menjadikan tembok tidak rata di Step by Step Lane menjadi ramai dikunjungi sejak pagi. Gang kecil yang menjadi wara wiri ini sering disinggahi pelancong hanya untuk mengabadikan momen saat ada di Penang.

tempat wisata di penang
Buy Soya Milk

Buy Soya Milk

Asyiknya saya berpose seolah sedang ngobrol dengan gadis cilik yang sedang menikmati susu kedelai. Letaknya bersebelahan dengan children on the swing, mural ini dibuat di tembok sebuah kafe yang juga menjual susu kedelai.

Baca juga : Traveling Makin Gaya, 5 Alasan Lengkap Traveling Dengan Sepatu Sneaker

Children Playing Basketball

Saya hampir melewatkan mural satu ini. Letaknya yang tidak terduga karena bersebelahan dengan tempat sampah (tidak sekotor tempat sampah di Indonesia) dan container hotel yang lumayan jarang dikunjungi wisatawan. Padahal sejak pagi saya sudah berfoto di mural soya milk dan mural yang menceritakan permainan basket ini tepat berada di seberang jalan.

Untungnya ketika sore hari, saya kembali melewati jalan yang sama dari Clan Jetti. Beberapa remaja sedang bergerombol di sana, dan tak mau ketinggalan, saya pun ikut ambil bagian mengabadikan mural ini.

mural art di penang
I Want Bao

I Want Bao

Letaknya ada di Armenian Street. Karya WK Setor ini menempel di tembok Ming Xiang Tai sebuah kede terkenal di Penang. Dua orang anak yang menginginkan bao atau mereka tak ingin ditinggal ibunya bekerja pergi ke pasar menjajakan bao.

Baca juga : Jejak Jimmy Choo di Penang.

tempat wisata penang
Teach You Speak Hokkien

Teach You Speak Hokkien

Jangan terkecoh dulu. Memang tampaknya mural di Penang ini seperti punya makna mengajak bergosip. Aslinya, yang ada digambar tersebut sedang mengajarkan bahasa Hokkien.

mural di Penang
Indian Boatman,” street art in George Town, on Klang Avenue

Indian Boatman

Mural ini terletak tak jauh dari Rainbow Guest House dan lebih dekat dengan Love Lane. Menggambarkan salah satu etnis yang tinggal di Penang.

wisata mural di penang
“Big Mouth” mural di Muntri Avenue

Big Mouth

Perlu kejelian saat berkeliling george Town Penang. Mural big mouth ini saya temukan tepat di dekat rumah seorang warga. Tempat-tempat kosong menjadi ajang menyalurkan kreativitas para seniman. Termasuk menggunakan tembok yang sebenarnya berupa lorong rumah-rumah kuno di Penang.

lokasi mural penang
Rickshaw Vendor – Armenian Street

 

lokasi mural di penang
“Burning” – “Only you can stop air pollution,”

mural unik di penang

lokasi mural di penang malaysia
Mural ini terletak di depan mural buy soya milk
mural penang
Bisa menebak arti mural ini ?

wisata penang murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *